Pilkada 2018

3.400 Saksi di Mojokerto Dilatih untuk Antisipasi Pemilih Ganda

Hari ini, sebanyak 3.400 saksi se Kabupaten Mojokerto diberikan training atau pelatihan saksi oleh tim pemenangan.

3.400 Saksi di Mojokerto Dilatih untuk Antisipasi Pemilih Ganda
surya/mohammad romadoni
Khofifah Indar Parawansa memilih tas di pedagang kaki lima Pasar Legi Mojosari. 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Kian dekat dengan hari coblosan pemilihan gubernur Jawa Timur pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor urut 1 mulai persiapan personil saksi di TPS.

Hari ini, sebanyak 3.400 saksi se Kabupaten Mojokerto diberikan training atau pelatihan saksi oleh tim pemenangan.

Mereka akan ditraining dalam empat tahap sekaligus selama dua hari ke depan.

"Hari ini seluruh calon saksi dibseluruh TPS Mojokerto ditraining empat tahap. Semuanya ada sebanyak 3.400 saksi yang saya akan hadir lngsung dalam pembukannya," kata Khofifah saat wawancara di Pasar Mojosari, Jumat (18/5/2018).

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, calon saksi yang mulai hari ini akan dilatih di Pacet tersebut terdiri dari saksi dalam dan saksi luar.

"Penekanannya nanti saksi kita akan berangkat dari SOP yang ada. Yang jelas kami berharap per tempat pemungutan suara (TPS) kita harus sudah daatkan data daftar pemilih tetapnya siapa saja," kata Khofifah.

Sebab mereka nantinya yang juga akan mulai mengawal DPT berapa, yang memiliki hak pilih berapa, junlah kerta suara per TPS berapa sehingga potensibemilih ganda atau kertas suara yang tidak sesuai bisa diketahui dan terpantau.

"Kami ingin bahwa DPT semua terpantau. Sampai dari DPT itu yang memilih berapa persen semua terpantau sampai di kecamatan, kabupaten kota, dan provinsi semua tidak ada yang lolos," pungkas Khofifah.

Sebelumnya Khofifah juga menegaksan training itu dilakukan sinergi juga dengan partai pengusung. Meski masing-masing partai pengusung juga sudah menyiapkan saksi.

Dengan melibatkan elemen relawan, menurut Khofifah pengawalan suara akan lebih maksimal. Sebagaimana diketahui, dalam Pilgub Jatim ini akan ada sebanyak 68.511 titik TPS.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help