Citizen Reporter

Panen Istimewa: Naskah Drama

Menulis puisi dan cerpen sudah banyak dilakukan. Menulis naskah drama yang belum banyak dilirik. Itu justru menjadi tugas akhir yang menantang.

Panen Istimewa: Naskah Drama
ist

Menulis merupakan sebuah kegiatan menuangkan gagasan atau pikiran ke dalam bentuk tulisan. Kegiatan itu membutuhkan ide dan kreativitas. Biasanya seseorang dapat menemukan ide untuk menulis melalui imajinasi, membaca karya orang lain, maupun memperhatikan lingkungan masyarakat.

Anak muda pada saat ini cenderung suka membaca bacaan dalam bentuk cerita pendek ataupun novel. Namun, bagaimana jika tulisan yang dituangkan dalam bentuk buku adalah sebuah naskah drama?

Untuk yang masih awam, tentunya menulis naskah drama bukan hal yang cukup mudah. Melalui mata kuliah Menulis Naskah Drama di Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Negeri Malang (UM), dosen pengampu memberikan tugas UAS menulis antologi naskah drama yang kemudian dibukukan dan dipresentasikan saat peluncuran buku.

Dalam prosesnya, setiap buku terdiri atas beberapa naskah karya mahasiswa yang dikumpulkan sesuai dengan tema, yaitu tema sosial, politik, keluarga, cinta, dan lainnya. Mahasiswa diasah supaya dapat menulis naskah drama dengan baik.

Peluncuran antologi naskah drama dilakukan di Kafe Pustaka UM, Selasa (15/5/2018). Ada tiga belas naskah drama yang diluncurkan pada acara ini.

Acara dimulai pukul 19.00 dengan pembacaan puisi. Setiap kelompok mempresentasikan naskah dramanya. Mereka menjelaskan sinopsis singkat dari setiap naskah. Di sela-sela presentasi diisi penampilan musik yang semakin memeriahkan acara.

Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dapat lebih meningkatkan kreativitasnya dalam menulis. Mahasiswa dapat mengembangkan ide-ide untuk dituangkan dalam tulisan.

Fika Aghnia Rahma
Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help