Pilkada 2018

Tiga Pesantren Besar di Paiton Probolinggo Mantabkan Dukungan untuk Gus Ipul

Gelombang dukungan kiai kharismatik di Jawa Timur untuk pasangan calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

Tiga Pesantren Besar di Paiton Probolinggo Mantabkan Dukungan untuk Gus Ipul
surya/bobby constantine
Di Ponpes Nurul Hasyimi, Gus Ipul bertemu  pengasuh dari ketiga ponpes tersebut. Di antaranya, Kiai Zuhri, KH Hafizul Hakim Noer, dan KH Muzamil, Rabu (16/5/2018). Ketiga kiai ini merupakan pengasuh dari tiga pesantren besar di Paiton, Probolinggo: Ponpes Nurul Qodim di Desa Kalikajar, Ponpes Nurul Jadid di Desa Karanganyar, dan Ponpes Nurul Hasyimi di Desa Randutatah. 

SURYA.co.id | PROBOLINGGO - Gelombang dukungan kiai kharismatik di Jawa Timur untuk pasangan calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno, kian solid.

Tiga pesantren besar di Kacamatan Paiton, Probolinggo, di antara barisan pendukung kandidat nomor urut dua ini.

Ketiga pesantren tersebut antara lain: Ponpes Nurul Qodim di Desa Kalikajar, Ponpes Nurul Jadid di Desa Karanganyar, dan Ponpes Nurul Hasyimi di Desa Randutatah.

Ponpes Nurul Qodim diasuh oleh Kiai Hasan Abdul Jalal dan berdiri sejak 1947. Sedangkan Ponpes Nurul Jadid berdiri sejak 1948 dan diasuh oleh KH Zuhri Zaini.

Kedua ponpes ini menjadi dua di antara pesantren besar di Paiton. Kemudian, untuk pesantren Nurul Hasyimi diasuh oleh KH Muzamil dan juga menjadi salah satu pesantren tua di wilayah ini.

Di Ponpes Nurul Hasyimi, Gus Ipul bertemu dengan pengasuh dari ketiga ponpes tersebut. Di antaranya, Kiai Zuhri, KH Hafizul Hakim Noer, dan KH Muzamil, Rabu (16/5/2018).

Hadir pula, ribuan guru madrasah diniyah (madin) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Jawa Timur.

Pada penjelasannya, KH Hafidzul Hakim Noer, menjelaskan bahwa pilihan ulama untuk mencalonkan Gus Ipul sebagai kandidat Gubernur adalah final.

Sehingga, sebagai seorang santri sudah selaiknya menjalankan ulama. "Pondok Lirboyo, Sidogiri, Langitan, dan pondok besar lainnya sudah satu suara untuk mencalonkan Gus Ipul. Sehingga, tidak ada alasan lain bagi kita untuk tidak mentaati perintah ulama," kata Gus Hafid yang juga salah satu pengasuh Ponpes Nurul Qodim ini.

"Termasuk, kedatangan kami bersama Gus Ipul juga salah satunya untuk mematuhi intruksi ulama. Sekali lagi, Gus Ipul bukan mencalonkan diri, tapi dicalonkan. Insya Allah, kita patuhi Kiai, Jawa Timur akan makmur," kata Gus Hafid.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved