Pilkada 2018

Ramadhan, Khofifah-Emil Minta Hentikan Kampanye Hitam

Tim pemenangan Khofifah-Emil meminta agar tidak ada lagi kampanye hitam. Apalagi, saat ini sudah masuk bulan Ramadhan

Ramadhan, Khofifah-Emil Minta Hentikan Kampanye Hitam
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Juru Bicara Tim Pemenangan Khofifah - Emil, KH Zahrul Azhar As'ad atau yang akrab dikenal sebagai Gus Hans saat jumpa pers di Rumah Aspirasi, Rabu (16/5/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak mengajak seluruh seluruh elemen masyarakat untuk berkampanye positif di Pilgub Jatim.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Juru Bicara Tim Pemenangan Khofifah - Emil, KH Zahrul Azhar As'ad atau yang akrab dikenal sebagai Gus Hans.

"Memasuki bulan ramadhan, sudah jangan lagi berkampanye hitam. Sebaiknya bulan suci dilalui dengan hal-hal baik termasuk saat berpolitik," ucapnya dalam jumpa pers yang digelar di Rumah Aspirasi, Rabu (16/5/2018).

Tak hanya meminta, namun tim paslon nomor urut 1 juga berkomitmen untuk memberikan contoh berpolitik dan berkampanye positif.

Dengan ajakan positif ini, ia berharap bagi semua pihak untuk tidak melakukan negative campaign. Sebab bukannya akan memperbaiki elektabilotas pasangan calon, melainkan justru akan bisa menurunkan image dan citra calon yang didukungnya.

Apalagi selama ini trend elektabilitas Khofifah-Emil terus menanjak dan menyalip paslon nomor Gus Ipu-Puti. Hal ini terlihat dari beberapa hasil survey internal paslon 1 dan survey independen yang dilakukan oleh lembaga-lembaga kredibel.

"Yang terbaru survey CSIS menempatkan pasangan Khofifah-Emil unggul 15,8 persen dari pasangan sebelah Gus Ipul - Puti," tambah pengasuh pondok pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang ini.

Lebih lanjut, ia menyebut selama ini paslon nomor satu sering mendapat serangan kampanye hitam. Dan jenisnya juga bermacam-macam khususnya di mesia sosial.

"Kita masih banyak menerima. Misalnya jenis video, ada yang membuatnya dengan sangat serius banget, bahkan diiklankan di Youtube. Total sekali ya," ungkapnya.

Tidak hanya ke Khofifah serangan kampanye hitam juga menyasar Emil Dardak. "Saya tidak yakin ini dibikin siapa. Semoga pada Ramadhan tidak terjadi lagi, karena setannya sudah dibelenggu," kelakarnya.

Beberapa serangan black campaign ke paslon nomor 1 ini diantaranya berupa video qosidah yg memojokkan Khofifah. Kemudian juga tayangan video yang menyerang Emil yang diciptakan dengan serius.

"Kasihan masyarakat disajikan black campaign. Kan lebih baik memberikan pemahaman politik yang positif apalagi terhadap masyatakat milenial agar tidak anti politik," kata gus Hans.

Meski begitu dirinya tidak ingin melaporkan masalah ini ke Bawaslu. "Biar masyarakat yang menilai. Toh kampanye hitam akan mendowngrade calonnya," pungkasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved