Berita Sidoarjo

Polisi Periksa Semua Pengunjung Polres Sidoarjo

Polresta Sidoarjo memperketat penjagaan di pintu masuk tempat tersebut setelah sejumlah serangan dan ancaman bom terjadi di sejumlah tempat.

Polisi Periksa Semua Pengunjung Polres Sidoarjo
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Petugas memeriksa barang bawaan seorang warga yang hendak masuk ke Samsat Sidoarjo, Rabu (16/5/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Semua markas kepolisian dijaga super ketat paska terjadinya serangan bom di sejumlah lokasi. Tak terkecuali di Mapolresta Sidoarjo, semua orang yang masuk harus menjalani serangkaian pemeriksaan terlebih dulu.

Pengunjung yang datang membawa tas, juga digeledah terlebih dulu isi tasnya sebelum diperbolehkan masuk. Demikian halnya jaket dan sebagainya, semua tak luput dari pemeriksaan petugas.

Sepanjang hari, sejumlah personil bersenjata nampak sibuk melakukan pengamanan di pintu utama Mapolres dan sejumlah titik di kantor polisi yang berada di Jalan M Duryat Sidoarjo tersebut.

"Penjagaan ketat dilakukan untuk mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan. Ini sebagaimana SOP yang ada," kata Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji, Rabu (16/5/2018).

Baca: Pasca Serangan di Mapolda Riau, Mapolrestabes Surabaya Semakin Memperketat Pengamanan

Diakuinya, peningkatan pola pengamanan dilakukan paska beberapa serangan bom terjadi. "Sebagai bentuk antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap hal-hal yang mengancam keamanan," lanjutnya.

Pengamanan super ketat juga diterapkan di Kantor Samsat di jalan Cemengkalang, Sidoarjo. Pengendara sepeda motor yang hendak masuk ke sana juga harus melewati pemeriksaan ketat oleh petugas.

Jaket, kacamata, dan helm yang dipakai harus dilepas. Jok sepeda motor pun harus dibuka dan diperiksa isinya. Kemudian jika membawa tas, juga harus diperiksa dulu semua isinya oleh petugas yang berjaga di pintu masuk.

Demikian halnya mobil yang masuk, juga harus membuka kaca dan melalui sejumlah pemeriksaan petugas.

"Pengamanan ini demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Dhyno Indra Setyadi.

Menurutnya, pengetatan penjagaan ini sudah berlangsung sejak Senin kemarin.

"Jika ada gerak-gerik pengunjung yang mencurigakan, petugas langsung mengamankannya. Alhamdulillah sejauh ini aman-aman saja, dan semoga tetap aman seterusnya," sambung dia.

Baca: VIDEO: Risma Menangis hingga Tak Sanggup Berdiri, Ucapan Kapolrestabes Surabaya Bikin Merinding

Mengetahui berbagai serangan teror yang ada, warga atau pengunjung Samsat maupun Polresta Sidoarjo mengaku bisa memaklumi adanya peningkatan pengamanan tersebut. Mereka merasa tidak masalah harus melalui serangkaian pemeriksaan sebelum masuk ke polres atau ke Samsat.

"Tidak apa-apa diperiksa. Kan kita juga tidak bermaksud apa-apa, kenapa harus takut diperiksa," kata Wahyudi, seorang pengunjung Samsat Sidoarjo.

Pun yang disampaikan oleh Fahmi, warga Porong Sidoarjo. Dia mengaku santai saja ketika harus diperiksa barang bawaannya saat hendak berkunjung ke Polresta Sidoarjo, Rabu siang.

Baca: Sempat Diduga Teroris dan Dibawa Densus 88 di Malang, Arifin Minta Nama Baik Dipulihkan

Tags
Sidoarjo
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help