Citizen Reporter

Mahasiswa Ini Menolak Casting

Meski akting prima di depan kamera, banyak yang menolak menjadi tokoh dalam casting sebelum film diproduksi.

Mahasiswa Ini Menolak Casting
pixabay.com

Jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya menghasilkan sarjana yang unggul dalam pengetahuan komunikasi. Jurusan Ilmu Komunikasi juga dapat melahirkan bintang film. Itu yang dilakukan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Senin (19/3/2018).

Mereka mengadakan open casting untuk memenuhi tugas mata kuliah Produksi Media. Open casting dibuka untuk seluruh mahasiswa UTM di Laboratorium Sosial. Produksi Media wajib diikuti mahasiswa semester 6 dan dikerjakan selama 1 semester dimulai dari praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi.

Menurut Ridwan, anggota kelas B yang juga sutradara dalam pemilihan pemeran, naskah yang digunakan untuk film pendek dibuat bersama dengan saat mencari referensi cerita. Setelah itu, dibuat sinopsis dan terbentuklah sebuah naskah.

Selama pembukaan, ada delapan peserta yang mengikuti casting, namun hanya lima yang memenuhi kriteria karakter dalam naskah. Dari semua peran yang ada, pemeran utama wanitalah yang sangat sulit untuk dicari.

“Pemeran utama wanita dalam naskah film pendek itu tidak mengenakan hijab, sedangkan banyak peserta yang tidak ingin melepaskan hijabnya. Kalau saya boleh jujur banyak yang aktingnya mumpuni, tetapi mau bagaimana lagi itu tuntutan naskah,” katanya.

Selain itu, terdapat banyak kendala yang Ridwan dan kawan-kawan dalam pembuatan film pendek itu. Genre film yang diciptakan berupa fiksi, sehingga harus mencari cara untuk menghidupkan karakter fiksi.

Selain itu, mereka harus turun tangan untuk menutup biaya karena tidak menggunakan sponsor.
Publikasi sudah dirancang matang. Setelah bulan puasa akan diadakan screening (pemutaran film) untuk Kelas A, Kelas B, dan Kelas C.

“Awalnya saya hanya menemani teman casting. Akan tetapi, setelah saya baca naskah itu, saya tertarik ikut casting karena naskahnya mudah dihafalkan,” kata Ida yang akhirnya mundur karena tokoh pilihannya tidak berkerudung sedangkan dia berkerudung.

Program dalam Produksi Media memang berat, tetapi sebenarnya itu merupakan bukti nyata mewujudkan mata kuliah yang diikuti. Keuntungan lain juga didapat mahasiswa karena mereka memiliki pengalaman menunjukkan rasa percaya diri dalam berakting.

Dita Ayu Sari
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Trunojoyo Madura

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved