Pilkada 2018

Khofifah Komitmen Bantu Warga Sumberanyar terkait Tak Bisa Urus Kepemilikan Lahan

Masyarakat di Desa Sumberanyar Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan menjadi perhatian khusus calon gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah Komitmen Bantu Warga Sumberanyar terkait Tak Bisa Urus Kepemilikan Lahan
surya/fatimatuz zahro
Calon gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa menyapa masyarakat di Desa Sumberanyar Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan, Rabu (16/5/2018). 

SURYA.CO.ID | PASURUAN - Masyarakat di Desa Sumberanyar Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan menjadi perhatian khusus calon gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa.

Kampung yang memiliki masalah tentang hak kepemilikan tanah tersebut disambangi Khofifah, Rabu (16/5/2018).

Masyarakat yang tingkat ekonominya masih rendah tersebut begitu gembira saat menyambut kedatangan Cagub yang akrab dikenal sebagai Menteri Sosial Kabinet Presiden Joko Widodo tersebut.

Pasalnya ada sekitar lima ribu keluarga yang tinggal lahan kekuasaan militer TNI AL. Mereka tidak bisa mendapatkan hak kepemilikan tanah meski sudah puluhan tahun tinggal dan mendirikan rumah di sana.

Masalah itulah yang menjadi perhatian Khofifah. Ia berharap kelak jika dipercaya warga Jawa Timur bisa ikut mengatasi masalah yang dialami warga tersebut.

"Jadi mereka berharap bisa mendapatkan kepemilikan tanah di sini. Tapi ini kan kewenangannya ada di pemerintah pusat, maka nanti kami akan mencoba untuk berdiskusi dulu," kata Khofifah.

Berdasarkan dialog dengan warga yang dilakukan oleh Khofifah, warga sudah melakukan upaya. Yaitu mengirim surat ke presiden. Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari pengajuan kepemilikan tanah dan aset mereka.

"Dari yang saya tahu, jika ada laporan seperti ini, maka Presiden akan memanggil Badan Pertanahan Negara, dan kementerian terkait, dan berdiskusi agar menemukan solusi yang tepat. Pasti ada guidance," kata Khofifah.

Upaya komunikasi dengan pemerintah pusat akan dilakukan oleh Khofifah kelak akan dilakukan agar masyarakat yang membutuhkan bisa mendapatkan hak mereka.

Di sisi lain, Khofifah sudah dua hari berturut-turut melakukan kampanye di Kota dan Kabupaten Pasuruan. Bukan tanpa alasan, namun tak lain adalah menyeser suara agar tidak satupun suara di Tapal Kuda termasuk Pasuruan yang terlewatkan.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help