Pilkada 2018

Gus Ipul Berbagi Tips Hidup Sehat ala Almarhum Kiai Sholeh Qosim

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) hadir pada acara tahlil mendiang almarhum KH Sholeh Qosim.

Gus Ipul Berbagi Tips Hidup Sehat ala Almarhum Kiai Sholeh Qosim
surya/bobby constantine
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) hadir pada acara tahlil mendiang almarhum KH Sholeh Qosim, di Pesantren Bahauddin Al-Islami, Ngelom, Sepanjang, Sidoarjo, Minggu (13/5/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) hadir pada acara tahlil mendiang almarhum KH Sholeh Qosim, Minggu (13/5/2018).

Setibanya di Pesantren Bahauddin Al-Islami, Ngelom, Sepanjang, Sidoarjo, lokasi pengajian ini, Gus Ipul langsung bertemu dengan putra putri Kiai Qosim yang juga pengasuh pesantren.

Berlangsung di pondok inilah, Gus Ipul ikut membacakan doa bersama ribuan jemaah.

Gus Ipul menyampaikan rasa kehilangannya pasca meninggalnya Kiai Qosim, Kamis (10/5/2018) silam.

"Beliau adalah kiai kharismatik yang tak perlu lagi diragukan kesiapannya untuk menghadap Sang Pencipta. Sehingga, beliau menghadap Allah dengan riang gembira, sementara kita yang ditinggalkan ini yang bersedih," kata Gus Ipul saat memberikan sambutan di hadapan peserta pengajian.

"Ditinggal oleh seorang Kiai seperti beliau, sama halnya seperti kehilangan cahaya kehidupan. Semoga, pasca beliau berpulang, akan muncul penerus-penerus beliau," ujar keponakan dari KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) ini.

Gus Ipul bercerita bahwa selama hidupnya, Kiai Qosim kerap kali berbagi berbagai tips kehidupan, termasuk rahasia Kiai Qosim yang tetap sehat di usianya ke-87 tahun.

Gus Ipul menyebut, rahasianya ada dua. Yakni, rajin sholat malam dan berjalan minimal 100 meter setiap hari.

"Kelihatannya mudah. Namun sebenarnya berat. Apalagi rutin tiap hari. Padahal, apabila bisa menjalankannya, besar manfaatnya," kata Gus Ipul.

Menurut Gus Ipul, rutinitas Kiai Qosim tersebut sebagian besar merupakan bagian dari berdakwah. Kiai Qosim memang rajin mendatangi kegiatan pengajian, baik yang sifatnya rutin maupun isidental.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help