Citizen Reporter

Cara Unik Tunjukkan Kemampuan Anak

Di akhir tahun pelajaran, orang tua dipersilakan melihat kemampuan anak. Kelas-kelas dibuat menjadi ruang eksperimen dan atraksi.

Cara Unik Tunjukkan Kemampuan Anak
ist

Setiap ada acara konferensi siswa yang diadakan SDIT Al Uswah Bangil, selalu disertai dengan keseruan bagi orang tua dan murid. Orang tua diajak untuk melihat kemampuan anak selama sekolah di Al Uswah dengan berbagai aktivitas. Seperti saat konferensi siswa, jumat (20/4/2018), ruangan kelas disulap menjadi tempat atraksi.

Menjejak di ruang kelas pertama, wali murid akan melihat kemampuan anak melakukan muroja’ah hafalan Alquran dan salat. Di sana ada beberapa amplop misteri yang bisa dipilih anak.

Di dalam amplop itu ada tantangan yang harus di selesaikan berupa surah atau potongan ayat Alquran yang harus anak ucapkan di depan wali murid dan guru.

Ruang kedua tak kalah seru. Dekorasinya apik meskipun terbuat dari kardus dan memanfaatkan barang bekas lainnya. Ruangan itu akan melatih skill logika siswa.

Mereka akan memeragakan pengetahuan pecahan dengan membagi roti tawar yang disediakan sesuai soal yang terpilih. Selain itu, corner yang tak kalah seru di ruangan ini adalah berkreasi membuat pigura dengan mengaplikasikan kulit salak dan beras sebagai hiasannya.

Beranjak ke ruangan ketiga, pengunjung akan menghadapi tantangan menarik. Ada tantangan bahasa Arab, matematika, dan bahasa Inggris. Di corner bahasa Arab, anak diminta menebak nama hewan dari puzzle yang telah dipilih.

Pada corner matematika, anak diminta memilih soal misteri yang telah disediakan. Meskipun soal matematika, namun karena sekolah ini menerapkan layaknya sekolah internasional, soal dan jawaban harus dalam bahasa Inggris.

Demikian juga dengan corner bahasa Inggris. Ada percakapan yang harus dilakukan antara orang tua dan murid. Hal ini pula dapat mendekatkan bonding antara anak dan orang tua.

Selesai dari semua tantangan yang dilalui, orang tua dan anak disilakan berfoto bersama di photo corner yang telah disediakan. Itu agar ada kenangan dan kesan di setiap kegiatan sekolah. Meskipun harus mengantre di photo corner, itu tidak menyurutkan semangat para wali murid untuk mengabadikan momen.

Konferensi siswa yang diadakan rutin setiap tahun ini memang diharapkan mampu meningkatkan skill siswa. Selain itu, orang tua juga dapat melihat langsung perkembangan skill anak yang telah terasah selama menempuh pendidikan.

Meskipun mengedepankan sisi agama, namun pelajaran umum pun diberikan. Hal ini diharapkan akan membentuk generasi yang berkarakter dan sebagai bekal berkompetisi di dunia kerja kelak.

Lilik Herawati
Admin komunitas menulis Joeragan Artikel

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help