citizen reporter

Tips Kicauan Love Bird, Mandikan Setiap Pagi

Love bird sejak pagi harus diembunkan. Burung kicauan itu juga harus dimandikan supaya segar dan langsung dijemur di matahari pagi.

Tips Kicauan Love Bird, Mandikan Setiap Pagi
pixabay.com

Saat ini, dunia kicau semakin bertambah peminat. Hal itu terbukti dengan banyaknya gantangan—tempat menggantung kurungan burung di area perlombaan—yang tersedia di berbagai tempat.

Burung gacoan yang mampu terampil berkicau secara maksimal, sangat diidamkan para kicau mania. Jenis burung itu meliputi love bird Kusumo, love bird roro, dan love bird petet.

Ketiga jenis itu memang sangat terkenal pada 2016–2017 karena kekeannya (kicauannya) dapat menghipnotis para juri. Bagi pemula, tentu kesulitan dalam mencetak gacoannya agar bisa ngekek secara maksimal.

Supaya love bird mau berkicau dengan gembira, perlu dirawat dengan telaten. Perawatannya sebenarnya sederhana. Oyong, pemilik love bird Roda Gila, menunjukkan cara merawat burung kicau itu.

Setiap hari, sekitar pukul 05.00 burung yang ada di dalam sangkar diembunkan. Pukul 07.00 love bird dimandikan. Caranya dengan disemprot hingga basah kuyub. Semprotannya harus lembut.

“Setelah itu, burung dijemur sampai bulu-bulunya mengering. Begitu bulunya kering, dia harus diletakkan di tempat yang teduh dan diangin-anginkan sambil diberi makan dan minum,” kata Oyong yang love bird Roda Gila-nya menjadi juara 1 di kelas Love Bird Dewasa A saat acara Lakpres, akhir Maret.

Pakan hariannya cukup milet putih. Hanya pada saat menjelang lomba, pakan Roda Gila milet merah. Itu diberikan pada saat H-1. Gunanya untuk menambah staminanya.

“Roda Gila ini memang salah satu love bird gacoan saya yang sering diajak jalan-jalan ke gantangan. Hasilnya sangat memuaskan,” ujar Oyong.

Kestabilan birahi pada burung love bird saat menjelang lomba, sangat berpengaruh terhadap perfoma burung saat di atas gantangan. Love bird yang memiliki birahi yang stabil sebaiknya satu sangkar bersama pasangannya. Dengan cara seperti itu love brid akan terjaga kestabilan birahinya.

Oyong menunjuk Roda Gila. Menurutnya, Roda Gila memiliki keunikan.

“Setiap kali sifat keganasannya muncul ketika ada di arena perlombaan. Saya menyodorkan jari tangan supaya digigit. Itu terbukti rangsangan untuk ngekek semakin bertambah,” ucapnya berbagi trik.

Ia mengingatkan untuk telaten merawat burung. Love bird yang memiliki kualitas bagus saat lomba, tentu juga membutuhkan perawatan khusus.

Imam Muzenni
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
UniversitasTrunojoyo Madura

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help