Citizen Reporter

Ini Tips Lomba Debat

Saat lomba debat, penampilan diupayakan tetap ramah dan tidak terpengaruh dengan argumentasi kelompok lain.

Ini Tips Lomba Debat
ist

Universitas Negeri Malang (UM) menyambet juara 1 nasional dalam pekan intelektual (5-6/5/2018) yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan (HMJ AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UM.

Debat manajemen pendidikan nasional yang mengusung tema menuju generasi intelektual dalam implementasi manajemen pendidikan itu berlangsung di aula E1 FIP dan diikuti sembilan universitas dengan total 16 tim.

Pesertanya 16 tim dari UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Brawijaya, IAIN Madura, IAIN Al-Khairat Pamekasan, dan Universitas Negeri Malang.

Imam Gunawan, Pembina HMJ AP menerangkan, tujuan debat itu untuk mencari ide, gagasan, wawasan yang berpotensi untuk menyelesaikan permasalahan bangsa dan mencetak masa depan bangsa. Ia berharap aktivitas itu bermanfaat bagi orang lain.

“Kami berharap muncul pemikiran dan ide-ide yang bisa menjadi bahan Pekan Kreativitas Mahasiswa,” katanya.

Administrasi PendidikanUM ingin menjadi rujukan dalam pengembangan keilmuan dan tenaga kependidikan di bidang manajemen pendidikan. Itu yang diungkapkan Bambang Budi Wiyono, Dekan  FIP.
"Ini menjadi ajang silaturahmi mahasiswa sejurusan antaruniversitas, sehingga bisa memberikan kontribusi untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan," tambah Bambang.

Lomba debat itu berakhir dengan kemenangan UM sebagai juara 1, Unesa (juara 2), dan UIN Syarif Hidayatullah (juara 3). Kemenangan itu membawa nama baik kampus.

Nova Nur Khasanah sebagai juara 1 menerangkan, diperlukan kerja sama dengan anggota selain berwawasan luas saat berdebat.

“Ini tips kami: selalu tersenyum untuk menjaga performance, mempelajari mosi, menyamakan presepsi dengan anggota tim, mencari kesalahan tim lawan dan tetap optimistis. Itu yang selalu saya terapkan,” ungkapnya.

Riska Febrianti
Administrasi PendidikanUniversitas Negeri Malang

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help