Citizen Reporter

Ini Obat Kangen dari Kairo

Bertemu dengan mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Kairo menjadi obat kangen. Pertemuan seperti itu selalu disambut antusias.

Ini Obat Kangen dari Kairo
ist

Kekeluargaan Mahasiswa Kalimantan Mesir (KMKM) selaku organisasi mahasiswa Kalimantan yang berada di Mesir bekerja sama dengan Sahah Indonesia mengenang tokoh ulama kharismatik Kalimantan Tuan Guru Kh Zaini bin Abdul Ghani yang lebih dikenal dengan sebutan Guru Sekumpul.

Sahah Indonesia adalah komunitas pengembangan literasi keagamaan mahasiswa Mesir. Mereka membuat acara yang dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia di Wisma Kalimantan Mesir, Blok 20, lantai 1, Jalan Mahmud Banan, Kairo.

Meski para mahasiswa sibuk dengan pembelajaran di Universitas Al-Azhar dan Kairo yang baru dilanda badai pasir, mereka tetap datang. Acara yang diadakan akhir Maret itu menjadi agenda penting bagi para mahasiswa di Kairo.

Acara yang dimulai pukul 17.00 waktu setempat. Alunan salawat dilanjutkan dengan pujian mengenang sang ulama kharismatik terasa begitu syahdu dan sedih. Itu membuat banyak mahasiswa merasa berada di kampung halaman.

Biografi Guru Sekumpul dibacakan Ustaz Fahmi Ainun Fath, Mahasiswa Fakultas Bahasa. Dalam menceritakan biografi Guru Sekumpul, ia terkesan dengan alur kehidupan sang ulama kharismatik itu.

"Seharusnya sosok seperti inilah yang kita ikuti untuk menjadi anutan bangsa," tuturnya tegas.

Pertemuan dengan para mahasiswa menjadi kegembiraan tersendiri. Saat seperti itulah mereka kembali bertemu dengan mahasiswa dari Indonesia. Selain menambah kecintaan akan sosok Guru Sekumpul, juga menambah rasa kebersamaan sebagai mahasiswa yang jauh dari keluarga.

Acara ditutup dengan makan bersama. Menunya, makanan khas Indonesia. Itu menjadi bagian yang dinanti-nanti hadirin.

Muhammad Adam Rosady
Pelajar Markaz Lugah Kairo

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help