Berita Madiun

Baru Kuartal I Target Beras Bulog Madiun 2018 Hampir 50 Persen, Ini yang Dilakukan

Dikatakan dari sejumlah kota kabupaten di Jawa Timur, realisasi Bulog Madiun merupakan tertinggi ketiga.

Baru Kuartal I Target Beras Bulog Madiun 2018 Hampir 50 Persen, Ini yang Dilakukan
surabaya.tribunnews.com/Mohammad Rivai
Ilustrasi beras Bulog. 

SURYA.co.id|MADIUN - Selama kuartal I 2018, Bulog Sub Divre IV Madiun menyerap 18.812 ton dari petani di wilayah Kota/Kabupaten Madiun, dan Ngawi. Jumlah dana untuk membeli beras tersebut sebanyak Rp 151 miliar.

Kepala Bulog Sub Divre IV Madiun, Heriswan, mengatakan target serapan Bulog Sub Divre IV Madiun di sisa kuartal lainnya tahun sebesar 38.900 ton.

"Saat ini realiasi keterserapan beras sudah mencapai 18.812 ton atau 48,4 persen dari total target," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (11/5/2108).

Ia menuturkan, harga beli Bulog terhadap beras dari petani yakni Rp 8.030 per kg.

"Berapapun beras yang masuk akan dibayar. Soal uang untuk membeli beras, kami tidak ada limit," sambungnya.

Dikatakan dari sejumlah kota kabupaten di Jawa Timur, realisasi Bulog Madiun merupakan tertinggi ketiga. Saat ini, Bulog Madiun memiliki sekitar 30 mitra, terdiri dari gabungan kelompok tani (gapoktan) dan perusahaan penggilingan padi yang tersebar di Madiun dan Ngawi.

Selain mitra yang telah terkoneksi dengan Bulog, para petani juga bisa langsung menjual hasil panennya ke Bulog secara mandiri.

"Ketika panen raya, kami tidak kesulitan untuk mendapatkan beras. Saat tidak panen baru kami kesulitan, karena harus berebut dengan swasta," ungkapnya.

Beras yang dibeli dari petani, akan dijual kembali kepada masyarakat. Selain itu, beras Bulog ini juga digunakan untuk menstabilkan harga beras di pasaran ketika terjadi peningkatan harga.

"Kami secara bertahap terus melakukan pemantauan harga di pasar. Ketika harga beras di pasaran tinggi, beras Bulog akan dijual untuk stabilisasi harga," ujarnya.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved