Berita Surabaya

SMA di Surabaya kini Ujian Sekolah hingga Bayar SPP Cukup lewat HP

"Sudah dua bulan SPP anak-anak dibayarkan melalui aplikasi Onklas. Caranya mereka cukup top up di minimarket."

SMA di Surabaya kini Ujian Sekolah hingga Bayar SPP Cukup lewat HP
surya/nuraini faiq
Siswa SMAN 21 Surabaya menunjukkan aplikasi Onklas, Rabu (9/5/2018). Aplikasi ini selain untuk menunjang kegiatan belajar mengajar juga untuk membayar SPP.  

 SURYA.co.id | SURABAYA - Sejumlah sekolah di Kota Surabaya kini tidak perlu komputer dan laptop saat mengerjakan ujian. Melalui aplikasi Onklas, selama ini siswa sudah terbiasa mengerjakan ujian dengan HP.

Bahkan tidak hanya mengerjakan ujian atau ulangan, dengan aplikasi Onklas juga bisa untuk membayar SPP dan aktivitas penunjang belajar mengajar lainnya. 

"Sudah dua bulan SPP anak-anak dibayarkan melalui aplikasi Onklas. Caranya mereka cukup top up di minimarket. Keuntungannya, pembukuan di kami jelas dan praktis," kata Kepala SMAN 21 Yatno Yuwono, Rabu (9/5/2018).

Bahkan tidak hanya itu, aplikasi yang bisa diunduh melalui play store maupun APP store ini juga bisa digunakan guru untuk koreksi ujian siswa. Namun aplikasi tersebut masih untuk ujian kelas atau ulangan harian. 

Sebab untuk ujian nasional UNBK sudah mengikuti Pemerintah. "Siswa jadi terbiasa dan fenomena guru tidak segera membuat laporan koreksi dan nilai siswa teratasi dengan aplikasi ini. Hasil ulangan langsung diketahui real time," kata Yatno. 

Lebih dari itu, aplikasi yang diterima sekolah secara cuma-cuma dari pihak ketiga itu juga menumbuhkan jiwa Entrepeneur siswa.

Sebab aplikasi pada HP itu bisa untuk jual pulsa, Token, dan melayani cicilan pembayaran kendaraan, dan beli tiket.

Inesia Yedaya, siswa kelas XI yang sudah terbiasa dengan aplikasi Onklas di HP memanfaatkannya selain untuk membayar SPP juga jualan pulsa dan Token.

"Dapat untung saya, tetangga bisa bayar cicilan motor ke saya," kata Inesia.

Siswa SMKN 3 Sukses Jualan Tiket dengan Onklas SMK Negeri 3 Surabaya juga sudah mengadopsi aplikasi Onklas. Tidak hanya dalam proses, aplikais itu juga untuk membayar SPP dan berwirausaha.

Kepala SMKN 3 Surabaya Mudianto menuturkan bahwa aplikasi itu membuka peluang bagi siswa untuk wirausaha.

"Banyak yang sudah jualan tiket pesawat, kereta, dan hotel melalui aplikasi ini," katanya. 

Aplikasi Onklas telah diadopsi 3 bulan lalu ini di SMKN 3. Hasilnya banyak siswa yang kreatif dan mampu menciptakan peluang usaha. Banyak yang jualan tiket siswa di sini.

Apalagi banyak lulusan SMK itu banyak yang belum terserap didunia kerja. Meeka memanfaatkan aplikas Onklas untuk mencari uang sendiri. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved