Berita Tuban

Setiap Tahun, di Jatim 326.000 Orang Cari Kerja, ini Solusi Pemprov Jatim

"Ya minimal kita harus menyiapkan atau menempatkan 450 ribu pencari kerja setiap tahunnya," kata Kepala Dinas Disnakertrans Jawa Timur, Setiajid.

Setiap Tahun, di Jatim 326.000 Orang Cari Kerja, ini Solusi Pemprov Jatim
surya/m sudarsono
Para pencari kerja mamadati  job fair diselenggarakan Pemprov Jatim di Tuban, Selasa (8/5/2018). 

SURYA.co.id | TUBAN - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans) Jawa timur terus melakukan terobosan atau upaya untuk mengurangi pengangguran terbuka setiap tahunnya.

Data Disnakertrans Jatim, setiap tahun ada pencari kerja sebanyak 326 ribu di Jawa Timur, baik lulusan SMA sederajat ataupun lulusan universitas.

Dari data tersebut, setidaknya Pemprov harus menempatkan 450 ribu pencari tenaga kerja, sehingga angka pengangguran terbuka semakin terentas.

"Ya minimal kita harus menyiapkan atau menempatkan 450 ribu pencari kerja setiap tahunnya," kata Kepala Dinas Disnakertrans Jawa Timur, Setiajid kepada sejumlah wartawan seusai membuka Job Fair di Tuban, Selasa (8/5/2018).

Dengan adanya penyiapan tenaga kerja yang melebihi pencari kerja setiap tahunnya, maka secara bertahap akan mengurangi jumlah pengangguran terbuka.

Sebab, sampai sekarang pengangguran terbuka itu masih ada dan tentu akan menjadi PR bagi Pemprov Jatim.

Oleh karena itu, Disnakertrans Jatim akan bekerjasama dengan dinas di Kabupaten atau kota untuk menjalankan program pengentasan pengangguran.

"Ya tentunya akan kita giatkan Job Fair maupun pelatihan-pelatihan, itu untuk mempersiapkan tenaga kerja agar siap berkompetisi," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help