Berita Gresik

Operasi Patuh, Pelanggar Langsung Sidang di Tempat, Cara Polres Gresik Kenalkan Inovasi Satlantas

Tim gabungan menggelar operasi lalu lintas bagi pengendara kendaraan. Pelanggar lalu lintas di jalan raya langsung sidang di tempat

Operasi Patuh, Pelanggar Langsung Sidang di Tempat, Cara Polres Gresik Kenalkan Inovasi Satlantas
surya/sugiyono
INOVASI – Tim gabungan Polres Gresik menunjukkan hasil inovasi Satlantas Polres Gresik kepada pelanggar lalu lintas, Selasa (8/5/2018).   

SURYA.co.id | GRESIK – Tim gabungan menggelar operasi lalu lintas bagi pengendara kendaraan. Pelanggar lalu lintas di jalan raya langsung sidang di tempat. Harapannya, masyarakat bisa langsung menyadari kesalahannya dan tidak mengulangi kesalahannya.

 Tim gabungan terdiri dari Polres Gresik, Dinas Perhubungan, Polisi Militer (PM) dan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Gresik berjajar siaga untuk merazia dan menyidangkan pengendara kendaraan yang melanggar lalu lintas. Kegiatan berlangsung di terminal angkutan umum Bunder.  

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto mengatakan bahwa kegiatan penindakan pelanggaran lalu lintas secara cepat bersama tim gabungan ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melanggar lalu lintas. Mulai tidak lengkap surat-surat kendaraa, tidak memakai helm dan tidak memakai sabuk pengaman.

“Tindakan cepat pelanggar lalu lintas ini supaya masyarakat segera sadar tentang kesalahannya ketika berkendara di jalan raya. Bahwa setiap pengendara di jalan raya harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas, melengkapi surat-surat kendaraan dan bagi pengendara roda empat harus memakai sabuk pengaman,” kata Wikha, Selasa (8/5/2018).

Operasi patuh Semeru 2018 Polres Gresik secara gabungan ini mendapatkan 60 kendaraan roda dua dan 10 kendaraan roda empat sehingga bisa dilakukan penindakan berupa sidang tilang di tempat.

“Jadi pelanggar lalu lintas bisa mengetahui kesalahannya dan berjanji tidak mengulangi lagi kesalahannya,” imbuhnya.

Selain efek jera bagi pelanggar lalu lintas, anggota Satlantas Polres Gresik juga mengenalkan inovasi aplikasi berbasis android berupa Augmented Reality Card (ARCard). ARCard yang menjadi kebanggaan Satlantas Polres Gresik ini dikenalkan kepada para pelanggar. Para pelanggar lalu lintas diajari menggunakan ARCard.

“Dalam aplikasi ARCard ini pelanggar lalu lintas bisa melihat video testimoni kecelakaan dan game lalu lintas, sehingga bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk tertib di jalan raya,” katanya. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved