Berita Magetan

Di Magetan, Menteri Pertanian Yakin Indonesia Segera Bisa Ekspor Sapi

Andi yakin Indonesia segera bisa mengekspor sapi, menyusul ayam, telur dan bawang merah yang sudah ekspor ke manca negara.

Di Magetan, Menteri Pertanian Yakin Indonesia Segera Bisa Ekspor Sapi
surya/doni prasetyo
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengunjungi Panen Pedet (anak sapi) di lapangan Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Senin (7/5-2018). 

SURYA.co.id | MAGETAN - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berharap daerah lain meniru keberhasilan Provinsi Jawa Timur mengembangkan populasi sapi yang mencapai separo dari jumlah kelahiran sapi di Indonesia pada 2017 lalu.

"Kalau ada empat hingga 5 provinsi seperti Provinsi Jawa Timur, masalah ternak sapi puluhan tahun lalu selesai sudah,' kata Andi saat memberikan sambutan di Panen Pedet (anak sapi) di lapangan Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Senin (7/5/2018).

Dipaparkan Mentan, dari 50.000 'cement' (sperma) beku inseminasi (kawin suntik) gratis dari pemerintah, sapi yang bunting  2017 di Magetan, Provinsi Jawa Timur sebanyak 2, 8 juta ekor. Ditingkat nasional, sapi melahirkan, 40-50 persen dari sapi milik peternak di Kabupaten Magetan.

"Inilah bertani dengan cerdas. Kita berjuang tiga tahun, hasilnya setara dengan 70 tahun nilainya," sambung Andi, yang berada di Magetan selain mengunjungi Panen Pedet, sebelumnya melihat petani mengolah tanah dengan alat pertanian bantuan pemerintah itu.

Dikatakan Andi, tidak bisa dibayangkan, dari target tiga juta ekor sapi yang bunting dan melahirkan tahun 2017, sebanyak 1,3 ekor sapi berhasil melahirkan.

"Hampir separo target terpenuhi. Jadi apa susahnya, bila inseminasi setiap hari, lagian pemerintah juga memberikan gratis," ungkapnya.

Andi memerintahkan Dirjen Kementerian Pertanian untuk menambah jumlah cement' (sperma) beku bantuan kepada petani di Kabupaten Magetan.

"Kalau menterinya bilang begitu, biasanya Pak Dirjen tidak bisa menolak. Tapi penambahan bantuan untuk daerah yang petaninya punya semangat tinggi, itu bukan masalah bagi pemerintah dan ini sudah jadi Instruksi Presiden Jokowi," ujarnya.

Bahkan sebelumnya Andi yakin Indonesia segera bisa mengekspor sapi, menyusul ayam, telur dan komoditi pertanian seperti bawang merah yang sudah ekspor ke manca negara.

"Ayam, telur kita sudah ekspor ke Jepang, juga bawang merah. Tidak lama lagi saya yakin, Indonesia bakal ekspor sapi. Ini kalau semua daerah peternaknya giat, bekerja keras, seperti peternak di Kabupaten Magetan ini," ucapnya.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help