Lifestyle

Begini Cara Tetap Sehat Usai Kemoterapi, Penderita Kanker Tak Boleh Makan Daging dan Ikan

Selain menyembuhkan ternyata kemoterapi menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan pasien.

Begini Cara Tetap Sehat Usai Kemoterapi, Penderita Kanker Tak Boleh Makan Daging dan Ikan
surya/pipit maulidiya
Pakar onkologi Adi Husada Cancer Center (AHCC), dr. Made Putra Sedana, Sp.PD. KHOM, Senin (7/5/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Upaya penyembuhan kanker selama ini dilakukan melalui tahap kemoterapi dan operasi.

Selain menyembuhkan ternyata kemoterapi menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan pasien. Karena efek sampingnya mampu membunuh sel-sel sehat (selain sel kanker) pada tubuh manusia. Sehingga selalu mengganggu penampilan pasien.

"Kemoterapi merupakan prosedur perawatan paling umum untuk kanker. Tujuan terapi ini untuk menghancurkan sel-sel kanker yang menyerang tubuh, dengan memasukkan obat-obatan ke dalam tubuh. Obat bisa memperlambat maupun menghentikan pertumbuhan sel kanker. Pemberian obat tergantung dari jenis kanker dan stadiumnya," jelas pakar onkologi Adi Husada Cancer Center (AHCC), dr. Made Putra Sedana, Sp.PD. KHOM, Senin (7/5/2018).

Kemoterapi atau yang akrab disingkat kemo memiliki beberapa efek samping. Efek umum lanjut dr Made yang paling sering terjadi adalah mual, muntah, dan rambut rontok.

Bahkan, ada pula yang langsung mengena ke sistem tubuh pasien, seperti Haemoglobin (Hb) turun dan lekosit atau sel darah putih.

“Jumlah normal Hb 4 ribu dan bisa saja akibat kemo bisa turun hingga nol koma. Ini yang berbahaya. Tapi yang harus diketahui, tiap pasien berbeda. Tergantung kondisi tubuh, jenis dan stadium kankernya,” jelasnya.

Dokter kelahiran Bali ini menyebutkan belum ada teori cara mengurangi efek samping kemo.

Hanya, bisa untuk meminimalisasi, yaitu dengan mengevaluasi kondisi pasien sehari sebelum kemo.

Faktor lain yang juga penting yakni pendekatan secara psikologis ke pasien, membuat mereka nyaman dan tidak terlalu depresi dengan perubahan fisik setelah kemo.

"Setelah kemo pun, proses medis terus berjalan. Pasien harus diobservasi selama 3 sampai 4 hari pasca kemo. Tujuannya untuk melihat apa efek samping yang terjadi dari kemo, terhadap tubuh pasien," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help