Pilkada 2018

Khofifah Janji Tuntaskan Masalah Pedagang TPS Pasar Turi Jika Jadi Gubernur

12 tahun sejak kebakaran, nasib para pedagang Pasar Turi masih tak menentu. Bila jadi Gubernur, Khofifah berjanji menuntaskannya.

Khofifah Janji Tuntaskan Masalah Pedagang TPS Pasar Turi Jika Jadi Gubernur
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahroh
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa blusukan ke TPS Pasar Turi, Jumat (4/5/2018). Khofifah menyempatkan diri untuk berdialog dan menyerap apa yang dikeluhkan oleh pedagang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa berjanji akan membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami pedagang Pasar Turi, Surabaya.

Pasalnya para pedagang korban kebakaran 12 tahun lalu itu hingga kini masih berjualan di tempat penjualan sementara (TPS).

Hal ini disampaikan Khofifah ketika blusukan ke Pasar Turi, Jumat (4/5/2018).

Dia mengaku merasa prihatin dengan musibah 12 tahun lalu serta terhadap ketidakpastian yang mereka alami hingga kini. 

"Ini bagian dari navigasi program, bagi saya seeing is believing (melihat dan percaya). Dan saya kaget Pasar Turi ini ada di tengah kota, transaksi perdagangan di sini bukan hanya sebagai [penggerak ekonomi Jatim tapi penggerak ekonomi Indonesia Timur," kata Khofifah.

Di TPS tersebut, disampaikan mantan menteri sosial ini, sebagian besar sudah melunasi pembayaran stan baru di Pasar Turi baru. Namun mereka tak bisa menghuni lantaran ada banyak hal baru yang dilkukan investor di luar kontrak.

"Oleh sebab itu harus segera turun tangan bersama. Ini memang kewenangan Pemkot, tapi wilayahnya ada di Jawa Timur, maka harus ada pertemuan antara Pemprov dan Pemkot serta memanggil kembali investornya," kata Khofifah.

Investor yang bersangkutan harus diajak untuk membuka kembali isi kontrak yang ada dan apa yang dijanjikan pada pedagang. Dengan begitu bisa dirumuskan kembali langkah strategis yang harus dibuat untuk melindungi para pedagang Pasar Turi.

"Kalau soal proses hukum mereka yang pedagang TPS sudah banyak ikhtiar. Menurut saya renegosiasi harus dilakukan, buka kontrak kembali, lihat kembali apa yang jadi keputusan saat kontrak dilakukan. Dan saat kontrak berjalan banyak yang harus dikoreksi, seperti pungutan tambahan, pembayaran tambahan," ucap Khofifah.

Dampak dari kebakaran pasar tentu besar. Mulai dari PKH, lalu saat ini dengan pindahnya aktivitas jualan ke TPS tentu omset juga berkurang.

Padahal sebagai kota metropolis aktivitas Pasar Turi sangat strategis untuk penguatan ekonomi. Oleh sebab itu pedagang di TPS tidak dibiarkan lebih lama lagi.

"Ya, saya janji kalau saja jadi gubernur, masalah ini harus diselesaikan. Harus segera duduk bersama dan diluruskan masalah yang ada sampai apa ada kemungkinkan take over ke pemerintah atau seperti apa," pungkas Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help