Citizen Reporter

Energi Anak Muda Meluap, Lakukan Ini

Energi anak muda berlimpah. Dengan aktivitas yang memadukan disiplin, kreativitas, dan kekuatan fisik, mereka memiliki kegiatan berarti.

Energi Anak Muda Meluap, Lakukan Ini
ist

Hari masih pagi, tetapi area lapangan basket SMK Negeri 1 Sidoarjo kelihatan begitu semarak. Pelajar SMP/MTS dan SMA/SMK dari berbagai sekolah di Jawa Timur dengan disiplin tinggi, pakaian rapi, dan beraneka warna unjuk kreativitas. Ditambah dengan keriuhan suporter yang menyemangati tim penampil, suasana semakin bertambah heboh.

Itulah suasana Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Tahun 2018 Tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan OSIS dan Paskibra SMK Negeri 1 Sidoarjo. Kegiatan yang diadakan Minggu (22/4/2018) itu menjadi ajang bertemunya 39 tim paskibra terbaik dari berbagai sekolah di Jawa Timur.

Para peserta dengan penuh semangat menampilkan gerakan-gerakan dasar peraturan baris-berbaris. Tidak itu saja, dalam waktu maksimal 10 menit, tiap tim juga diberi kebebasan untuk menampilkan berbagai formasi dan gerakan koreografi yang menarik dan atraktif. Misalnya, tim SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo yang menampilkan gerakan dan formasi unik dengan diiringi lagu Bang Jali.

Para peserta ingin menjadi yang terbaik untuk memperebutkan 54 trophy. Di antaranya piala bergilir Bupati Sidoarjo, piala bergilir Kapolresta Sidoarjo, dan piala bergilir Purna Paskibra SMK Negeri 1 Sidoarjo. Kategori juaraya adalah Juara Umum, Utama, Madya, Bina, Mula, Best PBB, Best Danton, Best Varfor, Best Suporter, Best Basecamp, dan Best Kostum.

Pada pukul 18.30, panitia dan tim juri dari Kodim 0816 Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, dan Purna Paskibra Jawa Timur mengumumkan hasil lomba. Juara Umum dan Utama I diraih SMP Negeri 2 Krembung Sidoarjo, Juara Utama II SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo, dan Juara Utama III SMP Negeri 2 Sidoarjo.

Juara Harapan I diraih SMP Hasyim Asy’ari Tulangan Sidoarjo, Juara Harapan II SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo, dan Juara Harapan III SMP Negeri 4 Sidoarjo.

Untuk jenjang SMA/SMK, Juara Umum dan Utama I diraih SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung, Juara Utama II SMA Kemala Bhayangkari 4 Waru Sidoarjo, dan Juara Utama III diraih SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung.

Untuk juara harapan, SMK 10 Nopember Sidoarjo sebagai Juara Harapan I, SMK Negeri I Buduran Juara Harapan II, dan Juara Harapan III diraih SMA Negeri 4 Pasuruan.

Kegiatan itu membuktikan generasi saat ini mampu menafsirkan dan mempraktikkan sikap penghormatan pada pahlawan serta nilai-nilai Pancasila dengan cara kreatif. Mereka hanya membutuhkan kesempatan untuk berkreasi.

Abdul Majid Hariadi
SMK Negeri 1 Sidoarjo

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved