Berita Jember

Ubah Stigma, TPA Pakusari Jember Berbenah Jadi Tempat Wisata, Begini Penampakannya

Tak lagi tempat jorok nan kumuh, TPA Pakusari dikemas menjadi Wisata Edukasi TPA Pakusari yang edukatif.

Ubah Stigma, TPA Pakusari Jember Berbenah Jadi Tempat Wisata, Begini Penampakannya
surya/erwin wicaksono
TPA Pakusari berbenah, jadi wisata edukasi, tampak pengunjung menikmati kunjungannya ke TPA 

SURYA.co.id | JEMBER - Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, secara umum merupakan sebuah tempat yang kumuh, kotor, bau dan tidak layak untuk dikunjungi. Namun, TPA Pakusari, Jember, mencoba mengubah pandangan negatif mengenai TPA menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi dan punya sisi edukatif.

TPA yang terletak di Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari, ini begitu memikat mata. TPA tersebut didekorasi berwarna-warni.

Tak lagi tempat jorok nan kumuh, TPA Pakusari dikemas menjadi Wisata Edukasi TPA Pakusari yang edukatif.

Saat Surya menyambangi, Selasa (2/5/2018), setelah memasuki pintu gerbang terdapat sebuah tempat nongkrong dengan bahan dekoratif yang berasal dari sampah daur ulang.

Botol-botol air minum bekas berjajar rapi selaras dengan bekas topi petani yang ditata rapi menghiasi langit-langit. Tanaman-tanaman hias menambah kesan sejuk di TPA Pakusari.

TPA Pakusari pun menyediakan berbagai minuman dan fasilitas wifi. Menariknya, pengunjung dapat menikmati tersebut hanya dengan membawa 10 botol plastik

"Sejak 1,5 tahun lalu, kami berusaha mengubah TPA ini. Kami ingin ubah mindset orang-orang soal TPA, sekaligus juga menyadarkan masyarakat soal mengelola sampah," kata M Masbud, Koordinator Pengelolaan Sampah TPA Pakusari.

Masbud menambahkan arah jenis wisata yang ditawarkan TPA Pakusari lebih mengarah kepada wisata edukasi soal sampah.

"Selain itu, kami juga buat spot-spot foto sebagai penunjang untuk semakin menarik minat masyarakat," sambungnya.

Masbud merespon positif pengunjung yang mengunjungi TPA Pakusari. Ia menjelaskan bahwa jumlah kunjungan menunjukkan tren yang baik. Lebih dari seribu orang berkunjung setiap minggunya di TPA Pakusari.

"Ini positif sekali untuk pengembangan TPA. Setiap Selasa kami ada pelatihan," ujarnya.

Untuk dapat memasuki TPA Pakusari pengunjung tidak dikenai biaya sepeserpun. TPA dibuka setiap hari untuk kunjungan dari pukul 7.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Akses menuju TPA sangat mudah. Dari terminak Pakusari, terdapat pertigaan kemudian belok kiri, lurus ikuti pentunjuk arah menuju TPA Pakusari

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help