Berita Madiun

Jumlah Penganut Aliran Kepercayaan di Kabupaten Madiun Meningkat

Jumlah penganut aliran kepercayaan di Kabupaten Madiun mengalami peningkatan. Dari 2017 20 orang pada 2017, menjadi 27 orang tahun 2018

Jumlah Penganut Aliran Kepercayaan di Kabupaten Madiun Meningkat
ist/tribun jogja
Ilustrasi - Penghayat kepercayaan dari aliran kepercayaan Pahoman Urip Sejati Magelang tengah melaksanakan kegiatan ritual kepercayaan di Sawangan, Magelang, Rabu (8/11/2017). 

SURYA.co.id|MADIUN - Jumlah penganut aliran kepercayaan di Kabupaten Madiun mengalami peningkatan. Dari jumlah pada 2017 sebanyak 20 orang, kini pada 2018 menjadi sekitar 27 orang.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Madiun, Agus Budi Wahyono, ketika diwawancara usai menghadiri pembentukan Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat dan Aliran Keagamaan (Tim Pakem) di Kejaksaan Negeri Madiun.

"Data yang kami punya, tahun lalu 20 orang. Tahun ini bertambah sekitar 7 orang," kata Agus, Rabu (2/5/2018).

Meski demikian, kemungkinan masih ada penganut kepercayaan dan aliran agama di Kavupaten Madiun yang belum terdata.

Sementara itu, untuk jumlah aliran kepercayaan dan aliran agama di Kabupaten Madiun sebanyak 13 aliran. Sedangkan anggotanya atau penganutnya sudah berusia di atas 50 tahun.

"Di Kabupaten Madiun ada sekitar 13 aliran kepercayaan, dan usia penganutnya rata-rata di atas 50 tahun," katanya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Madiun, Sugeng Sumarno mengatakan dengan pembentukan Tim Koordinasi Pakem Kabupaten Madiun akan melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap masyarakat penganut aliran kepercayaan.

Tujuannya, kata Sugeng agar tercipta harmonisasi masyarakat beragama di Kabupaten Madiun.

"Setelah pembentukan Tim Koordinasi Pakem ini kami akan melakukan pendataan ulang agar lebih valid. Kami juga akan melakukan langkah preventif agar tercipta harmonisasi masyarakat beragama di Kabupaten Madiun," imbuhnya. 

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved