Berita Sidoarjo

Bupati Sidoarjo Ikut Kerja Bakti Bersikan Sampah

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah bersama sejumlah pejabat Pemkab Sidoarjo membersihkan sungai Balonggarut, Kecamatan Krembung, Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Ikut Kerja Bakti Bersikan Sampah
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Sejumlah pejabat saat bersih-bersih sungai di Balonggarut, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, yang dipenuhi sampah, Minggu (29/4/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah bersama sejumlah pejabat Pemkab Sidoarjo membersihkan sungai Balonggarut, Kecamatan Krembung, Sidoarjo, Minggu (29/4/2018).

Jika di beberapa sungai lain terlihat banyak tumpukan sampah, tidak demikian di sungai Balonggarut. Dari permukaan, sungai tersebut nampak bersih.

"Tapi setelah dikeruk, ternyata banyak sampah di bawah. Sampah mengendap di dasar sungai bercampur lumpur sehingga mengakibatkan pendangkalan sungai," ungkap Bupati Saiful Ilah di sela kegiatan.

Melihat kondisi itu, Saiful Ilah kemudian memerintahkan Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan yang juga ikut dalam kegiatan ini agar segera melakukan Normalisasi sungai tersebut. "Pendangkalannya sudah parah, harus segera dinormalisasi," ujar dia.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kota Delta tersebut juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap sungai. Tidak membuang sampah di sungai, dan ikut menjaga kebersihan sungai.

Sehari sebelumnya, kegiatan bersih-bersih sungai juga dilakukan sejumlah pejabat di sungai Desa Kedungbanteng, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Bersama puluhan warga, mereka melakukan pembersihan terhadap sampah yang menumpuk di sungai itu.

Menurut Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan, banyaknya sampah yang menumpuk di sungai-sungai di Sidoarjo karena kesadaran masyarakat terhadap kebersihan sungai masih rendah.

Karena itu, sejak beberapa waktu lalu pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran dalam menjaga sungai. Setiap Sabtu dan Minggu, para pejabat di Sidoarjo turun bersama masyarakat untuk bersih-bersih sungai.

Selama bulan April ini PUPR ada sejumlah sungai yang menjadi sasaran. Yakni sungai Desa Semanding di Kecamatan Jabon, Desa Penatarsewu di Tanggulangin, Desa Kedung Banteng di Tanggulangin, sungai di Desa Balonggarut, Krembung, di Desa Pesawahan Porong, dan sungai di Desa Keraton, Kecamatan Krian.

"Kedepan, diharapkan semua sungai bisa bersih dari sampah. Plus dilakukan normalisasi untuk mengembalikan pendangkalan yang terjadi agar aliran air bisa kembali normal," kata Sigit.

Agar program bersih-bersih sungai tidak sia-sia, pihaknya juga mengusulkan kepada warga supaya membuat kesepakatan bersama melalui Peraturan Desa (Perdes) dengan membuat sanksi kepada warga yang ketahuan membuang sampah di sungai.

“Sanksinya buka uang tapi hukuman social bisa berupa membersihkan sampah di sungai atau sebagainya. Ini untuk menjaga dan menumbuhkan kesadaran warga terhadap kebersihan sungai," lanjut dia.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved