DPRD Kota Surabaya

Ketua DPRD Surabaya Temui Warga Kampung Bratang, Realisasikan Gapura Ikon Kampung Dinamo

Ketua DPRD Surabaya Ir Armuji menjadi tahu keberadaan, kondisi, dan potensi Kampung Dinamo di Jl Bratang Surabaya.

Ketua DPRD Surabaya Temui Warga Kampung Bratang, Realisasikan Gapura Ikon Kampung Dinamo
surya/nuraini faiq
IKON - Ketua DPRD Surabaya Ir Armuji berbincang santai dengan warga Kampung Dinamo di Jl Bratang, Surabaya, Kamis (26/4/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Ketua DPRD Surabaya Ir Armuji menjadi tahu keberadaan, kondisi, dan potensi Kampung Dinamo di Jl Bratang Surabaya, saat dia menemui warga kampung ini, Kamis (26/4/2018). 

Dengan ramah, warga yang sebagian besar menekuni kerja di bengkel dinamo itu menerima Ketua DPRD ini. Mereka berbincang dan ngobrol gayeng, tak ada jarak antara pimpinan DPRD dengan warga.

Cak Ji, sapaan akrab Armuji, pun mengambil dingklik (kursi kecil, -Red) dan duduk bersama warga.

"Sejak zaman nenek moyang kami, seluruh warga kampung sini menekuni pekerjaan perbaikan dan produksi dinamo," ucap Johan Kurniawan, tukang dinamo Kampung Bratang.

Keberadaan Kampung Dinamo ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Warga kampung ini dikenal memiliki keahlian khusus memperbaiki dinamo. Bahkan, mereka kini mampu memproduksi dinamo baru yang diciptakan dari bahan-bahan impor.

"Bahan yang kami gunakan dari Singapura dan banyak diminati di seluruh Indonesia saat kami memproduksi dinamo ini," tambah Purwanto, tukang dinamo yang lain. 

Hampir semua warga di Bratang memilih terjun menjadi ahli dinamo. Kebanyakan berupa industri rumahan berskala kecil.

Tidak hanya bengkel mobil besar yang mempercayakan produk dinamo dari kampung ini. Bahkan, perusahaan galangan kapal juga mempercayakan kampung Dinamo Bratang sebagai tempat mereka memesan dan memperbaiki dinamo. 

Boleh dikata, hampir semua kota di Nusantara ini juga sudah percaya dengan skill dan karya Kampung Dinamo Bratang.

"Dari Batam juga banyak yang pesan dynamo ke kami. Kepercayaan ini harus terus dijaga dengan meningkatkan kualitas hasik karya kita," kata Iwan, warga Kampung Dinamo yang lain. 

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved