Berita Surabaya

Tak Melulu tentang Bola, Tiga Bonek Mania Ini Gagas Gerakan Positif Wani Mancal

Bermula dari hobi bersepeda, ketiganya memiliki misi yang sama, yakni membangun citra positif Bonek agar semakin baik dan turut membangun Surabaya.

Tak Melulu tentang Bola, Tiga Bonek Mania Ini Gagas Gerakan Positif Wani Mancal
istimewa
SubCyclist saat menggelar gowes bareng. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kreativitas tiga Bonek Mania ini patut diacungi jempol. Cak Zae atau Zainal Arifin, Cak Salas, dan Cak Indra, membuat gerakan Wani Mancal hingga akhirnya terbentuk komunitas Bonek Suroboyo Cycling Institute (SubCylist) pada Juli 2016 silam.

Bermula dari hobi bersepeda, ketiganya memiliki misi yang sama, yakni membangun citra positif Bonek agar semakin baik dan turut membangun Surabaya.

"Kami ingin Surabaya ini lebih ramah bagi pesepeda, kebetulan kami bertiga suka bersepeda. Maka terbentuklah gerakan Wani Mancal di Subcyclist ini," kata Zainal Arifin, Senin (22/4/2018).

Pada Surya.co.id, Cak Zae panggilan akrabnya menjelaskan, gerakan tersebut dibuatkan hashtag #WaniMancal. Tujuannya untuk menggerakan minat bersepeda di Surabaya, agar polusi di Kota Pahlawan ini berkurang.

"Kami bercita-cita bahwa 1 persen penduduk Surabaya ini bersepeda untuk kegiatan sehari-harinya. Selain itu, kegiatan sosial, bersepeda dan berpariwisata di kota sendiri merupakan konsep bersepeda kami. Kami juga mengajak masyarakat untuk mengenal Surabaya lebih detail menggunakan sepeda," ujarnya.

Selain bersepeda, SubCyclist memiliki agenda bulanan Mancal Nang Suroboyo yang dilaksanakan sebulan sekali dengan tema yg berbeda-beda.

Kegiatan ini salah satunya dengan memberikan edukasi pada anak-anak sekolah soal bersepeda dengan baik dan aman.

"Kegiatan sosial kami di antaranya berkunjung ke panti asuhan, lalu memberikan edukasi tentang berlalu lintas kepada adik-adik Panti. Selain itu juga memberikan materi tentang berlalu lintas dengan menggunakan sepeda ke sekolah dasar," tutur Zae.

Tak hanya itu, SubCyclist juga bersama semua komunitas sepeda se-Surabaya membuat kegiatan Nite Ride. Dimana kegiatan ini aktif bersepeda di malam hari yang dilaksanakan setiap hari Jumat terakhir setiap bulannya.

Sampai saat ini jumlah anggota yang ikut dalam gerakan ini sekitar 50-75 pesepeda. Mengenai jenis sepeda, banyak jenis sepeda yang digunakan di antaranya MTB, road bike, sepeda lipat atau holding bike, hingga sepeda tua.

"Rute kami selalu berganti setiap bulannya, bulan ini di sekitaran Surabaya tengah, sebelumnya di daerah Pecinan, pernah juga mengelilingi daerah Surabaya barat, utara dan selatan," tambanya.

Rencananya, dalam waktu dekat SubCyclist akan menggelar Nite Ride, 27 April mendatang.

Penulis: Dya Ayu
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved