Berita Sidoarjo

DPR Akan Panggil Bupati Sidoarjo Terkait Sipoa Group, Begini Komentar Ketua Kadin Sidoarjo

Rencana Komisi III DPR RI memanggil Bupati Sidoarjo Saiful Ilah terkait kasus Sipoa Group mendapat respon dari Ketua Kadin Sidoarjo, Imam Sugiri.

DPR Akan Panggil  Bupati Sidoarjo Terkait Sipoa Group, Begini Komentar Ketua Kadin Sidoarjo
surabaya.tribunnews.com/fatkhul alami
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa usai bertemu Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, Kamis (19/4/2018). Dia mengatakan akan memanggil Bupati Sidoarjo untuk melakukan klarifikasi terkait Sipoa Group yang bermasalah. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Rencana Komisi III DPR RI memanggil Bupati Sidoarjo Saiful Ilah terkait kasus Sipoa Group mendapat respon dari Ketua Kadin Sidoarjo, Imam Sugiri.

Menurut IS, panggilan Imam Sugiri, rencana pemanggilan dan statement yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa itu malah membuat gaduh.

"Kalau tujuannya klarifikasi, kenapa pas di Surabaya kemarin kok tidak mampir ke Sidoarjo. Statement seperti itu kan malah bikin gaduh," ujarnya, Jumat (20/4/2018).

Ditanya tentang promosi yang dilakukan Bupati Saiful Ilah untuk Sipoa Grup, IS menyebut bahwa itu merupakan hal lumrah yang dilakukan oleh kepala daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

"Untuk merangsang hadirnya investor di Sidoarjo, ya harus begitu. Selain ikut membantu promosi juga harus mendukung berbagai hal lain, seperti infrastruktur dan sebagainya," tukasnya.

Ketika promosi itu dilakukan Bupati Saiful Ilah, ada rusunawa di Sidoarjo dan sejumlah perusahaan properti lain di Sidoarjo yang butuh promosi. Tapi bupati lebih banyak mempromosikan Sipoa Grup.

Tentang itu, Imam Sugiri menyebut bahwa pihak pengembang yang memang harus lebih getol dan pintar-pintar melakukan promosi.

"Itu kan pintar-pintarnya pengembang melakukan promosi, memanfaatkan hal-hal yang membuat promosinya efektif," ujar dia.

Sementara terkait persoalan hukum, setelah belakangan Sipoa Group dilaporkan ke polisi oleh banyak warga, Imam Sugiri menganggap itu persoalan lain. Masalah hukum, kata dia, tetap harus diproses dan itu menjadi tanggungjawab pengembang.

"Sebagai Ketua Kadin, saya tidak ingin kejadian ini terulang. Ini preseden buruk yang sangat berpengaruh terhadap iklim investasi di Sidoarjo. Utamanya di bidang properti," imbuhnya.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI menjadwalkan pemanggilan terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah terkait kisruh perumahan Sipoa Group yang memakan ratusan korban calon pembeli. Kasus ini sudah ditangani oleh Polda Jatim dan sudah ada dua petinggi Sipoa Group menjadi tersangka.

Baca: Seakan Jadi Tim Marketing Sipoa Group yang Bermasalah, Bupati Sidoarjo Akan Dipanggil DPR RI

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved