Grahadi

Press Release

Pakde Karwo Minta BEM Aktif Kawal Pembangunan

BEM sebagai forum intelektual dan memiliki pengetahuan yang tinggi harus aktif membantu dan mengawal jalannya pembangunan di jATIM

Pakde Karwo Minta BEM Aktif Kawal Pembangunan
ist/humas pemprov jatim

SURYA.co.id | SURABAYA- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai forum intelektual dan memiliki pengetahuan yang tinggi harus aktif membantu dan mengawal jalannya pembangunan di Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo saat menghadiri Konsolidasi BEM Jawa Timur 2018 di Gedung Loka Arta Praja, Kantor Bapenda Jatim,Surabaya, Kamis (19/4).

Dikatakannya, pemikiran mahasiswa yang produktif harus memberikan energi dan sumbangsih positif bagi pembangunan.

Konsep pembangunan yang berkualitas, adalah mampu mengatasi serta mengurangi kemiskinan, pengangguran dan menurunkan disparitas antara daerah perkotaan dan pedesaan.

"Di sinilah peran BEM sebagai forum intelektual untuk mampu bersikap kritis dan aktif untuk mengawal pembangunan di Jatim," ungkapnya.

Pakde Karwo menjelaskan, BEM sebagai forum intelektual tidak boleh terpengaruh oleh apapun. Namun, keberadaanya harus memberikan pengaruh terhadap konsep kesejahteraan masyarakat di Jatim.

"Ini adalah hal yang sangat serius, jika mahasiswa tidak membantu pemerintah maka, jalannya pembangunan di Jatim tidak akan optimal," ujarnya.

Di hadapan Presiden Mahasiswa (Presma) se Jatim, ia mengungkapan pada tahun 2019 akan terjadi bonus demografi di Jatim. Sedangkan nasional akan terjadi pada tahun 2030. Kondisi tersebut, harus dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai bonus demografi bukan sebagai bencana demografi.

Salah satu langkah untuk menghadapi tantangan dari adanya bonus demografi tersebut adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan penyiapan sarana infrastruktur.

"Kita menyampaikan kepada BEM tentang hal perubahan zaman ke depan seperti apa. Tantangan kita adalah bonus demografi akankah menjadi bonus atau bencana. Maka solusinya adalah peningkatan kualitas SDM, infrastruktur. Intinya, kami ingin mencetak generasi cerdas berakhlak baik," tegasnya.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved