Citizen Reporter

Ini Cara Mudah Memikat Anak

Jangan sepelekan dongeng. Manfaatnya bagi anak luar biasa karena bisa melatih daya ingat, mengembangkan imajinasi, dan melatih bahasa.

Ini Cara Mudah Memikat Anak
ist

Hari libur biasanya dimanfaatkan warga Pakal, Surabaya, untuk berjalan-jalan, jogging, atau sekadar mencari hiburan di luar rumah.

Taman Cahaya di Kecamatan Pakal memiliki beberapa fasilitas olahraga, tempat ibadah dan jogging track yang kebersihannya terjaga membuat masyarakat betah untuk kembali ke taman ini setiap minggunya.

Anak-anak bersama orang tuanya segera mendekati tempat berkarpet merah yang terdapat banner bertuliskan Gendon (Gerakan Mendongeng di Taman), Minggu (25/3/2018). Sekitar 150 anak berkumpul untuk mendengarkan cerita.

Ayu, salah satu pendongeng memulai cerita tentang fabel dengan judul Semut dan Kepompong. Tokoh hewan banyak disukai anak-anak karena lucu dan ceritanya menarik.

Dongeng dilanjutkan dengan Timun Emas. Para pemain menggunakan kostum seperti aslinya hingga membuat anak-anak tertawa terbahak-bahak melihatnya.

Keseruan Buto Ijo mengejar Timun Emas menjadi atmosfer yang berbeda. Anak-anak berdiri seperti ingin berlari menahan Buto Ijo yang hampir menangkap Timun Emas.

Dongeng ketiga dibawakan Fahri dengan judul Ande-Ande Lumut. Antusiasme anak-anak masih tinggi untuk mendengarkan dengan baik meskipun matahari mulai terasa. Keringat mulai membasahi kening anak-anak saat hadiah dibagikan.

Meriahnya acara Gendon juga diselingi ice breaking di awal cerita dan pembagian doorprize di akhir cerita. Tiga cerita yang dibawakan para pendongeng membuat acara Gendon di Taman Cahaya Pakal berakhir ceria.

Acara seperti ini sebenarnya bertujuan untuk mengingatkan para orang tua akan pentingnya kegiatan mendongeng bagi anak-anak. Itu bermanfaat melatih daya ingat, memperluas kosa kata dan bahasa, serta mengembangkan imajinasi.

Berbicara tentang mendongeng,tak lepas dari media buku sebagai salah satu media yang mudah ditemukan. Warga Surabaya patut berbangga karena di setiap balai RW terdapat Taman Baca Masyarakat yang menyediakan buku cerita yang beraneka ragam. Masing-masing cerita mengandung pesan moral yang bisa diambil hikmahnya.

Gendon diprakarsai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Gendon bertujuan melestarikan budaya mendongeng.

Fransiska AL
Pegiat Literasi Kecamatan Pakal, Surabaya

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved