Persebaya Surabaya

Hidup Berdampingan di Satu Apartemen, Kata Pemain Persebaya : Kuatkan Chemistry Tim

Robertino mengaku, dengan pola kepelatihan ini, dapat mempercepat adaptasi yang terjadi dalam tubuh Bajul Ijo.

Hidup Berdampingan di Satu Apartemen, Kata Pemain Persebaya : Kuatkan Chemistry Tim
surya/habibur rohman
Pemain Persebaya Surabaya saat berlatih 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tinggal bersama dalam apartemen di kawasan Surabaya dengan perlakuan yang sama, memiliki dampak positif dalam tubuh Persebaya Surabaya.

Dengan segala rangkaian kegiatan dan juga aktivitas kelas di luar materi latihan di lapangan, rasa kekeluargaan yang dirasakan para pemain ternyata dapat terwujud ketika bermain.

Diakui Robertino Pugliara pemain asal Argentina, tinggal di satu apartemen bersama pemain lokal lainnya, membuat kepaduan dan rasa memiliki tim.

Tidak hanya saat di lapangan hijau, namun juga ketika dikehidupan sehari-hari.

Robertino mengaku, dengan pola kepelatihan ini, dapat mempercepat adaptasi yang terjadi dalam tubuh Bajul Ijo.

Bahkan hal ini juga memiliki dampak ketika bermain.

Secara permainan, diakuinya komunikasi lebih cepat padu dan juga mengerti yang diinginkan satu pemain dengan pemain lainnya.

"Kita tahu, komunikasi itu sangat penting. Sejak awal saya gabung klub ini, ada hal yang sama-sama kita lakukan bersama untuk memperlancar komunikasi kami, salah satunya tinggal bareng, ada kelas psikolog juga. Itu salah satu cara kami membangun tim ini agar lebih solid," kata Robertino Pugliara, Senin (16/4/2018).

Tak hanya itu, gelandang yang dinilai sebagai mesin pengatur lini tengah ini juga menjelaskan, pemain tak hanya bertemu saat bertanding dan latihan.

Namun diluar itu, banyak cara manajemen dan juga pemain sendiri untuk membentuk kedekatan yang akhirnya terbawa di lapangan dan membuat tim lebih moncer.

"Kita makan sama-sama, kumpul,kadang-kadang juga nonton bareng. Di situ kami berkumpul, terkadang keluarga kami juga berkumpul. Selain itu, ada kegiatan lainnya yang kami lakukan sama-sama, sehingga membuat tim ini lebih padu dan terbawa saat di lapangan. Dan satu hal yang terpenting, di grup ini saya lihat semua mau bantu dan mau kerja, semua satu arah," tuturnya.

Sementara itu, gelandang Oktafianus Fernando mengakui jika semakin hari, komunikasi di dalam timnya terjalin lebih bagus dan lebih erat.

Hasil terakhir yang terlihat, dengan berhasilnya Bajul Ijo membawa pulang tiga poin dari kandang PS Tira.

"Saya merasa semakin lama semakin ada chemistry. Dan saya pribadi senang dan bangga juga bisa ikut berkontribusi buat tim menang, dan yang terpenting ada perkembangan lebih baik," jelas Oktafianus Fernando.(

Penulis: Dya Ayu
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help