Persebaya Surabaya

David da Silva Makin Klik dengan Persebaya Berkat Dua Pemain Ini

Lancarnya komunikasi ini bermula dari permintaan Oktafianus pada Robertino yang diminta untuk menerjemahkan apa saja yang dikatakan David.

David da Silva Makin Klik dengan Persebaya Berkat Dua Pemain Ini
surya/habibur rohman
Oktafianus Fernando 

SURYA.co.id | SURABAYA - Di balik hatrick yang dicetak David da Silva saat melawan PS Tira pekan keempat Liga 1 lalu, ternyata banyak sumbangsih dari seluruh lapisan pemain.

Hasil gol yang dicetak striker asal Brasil itu, tak lepas dari komunikasi apik yang terjalin di dalam tubuh Persebaya Surabaya saat ini.

Diakui Oktafianus Fernando, gelandang Persebaya, komunikasi dengan David awalnya memang sempat terkendala oleh bahasa. Hal ini berpengaruh pada lini depan, tengah dan belakang.

Namun hal itu sudah dapat diatasi dengan peran sekaligus bantuan Robertino Pugliara, gelandang tengah asal Argentina yang lancar berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, sehingga dapat menjadi jembatan antara para pemain lokal dengan David.

"Iya, sejauh ini komunikasi jauh lebih bagus dengan David. Saya merasakan, semakin lama ada chemistry dan semakin ke sini kita tahu maunya David seperti apa. Apalagi kita tahu David punya kecepatan, jadi kita sekarang sudah paham umpan seperti apa yang diinginkan," kata Oktafianus Fernando, Selasa (17/4/2018) pagi.

Lancarnya komunikasi dalam tubuh Bajul Ijo ini tercetus atau bermula dari permintaan Oktafianus pada Robertino yang diminta untuk menerjemahkan apa saja yang dikatakan David.

Dari situ para pemain akhirnya tahu bagaimana permainan bola depan yang diinginkan David, sehingga muaranya saat menang lawan PS Tira lalu, David berhasil mencetak hatrick pertamanya di Liga 1.

"Ini semua karena komunikasi. Saya bilang ke Robertino, mungkin sebelumnya komunikasi sama David kurang. Akhirnya dibicarakan dan sekarang sudah tidak ada masalah, kita tinggal ngomong ke Robertino, Robertino yang akan bilang ke David, begitu juga sebaliknya. Jadinya komunikasi enak. David minta suplay bolanya seperti apa, kami tahu," jelasnya.

Kondisi ini tentu menjadi ancaman tersendiri untuk tim lawan, karena tak dipungkiri lini depan Persebaya akan semakin tajam.

Sementara soal Robertino yang harus absen pada laga pekan kelima ketika Persebaya menjamu Sriwijaya FC, Minggu (22/4/2018) mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo, padahal peran Robertino sangat dibutuhkan untuk komunikasi antara pemain lokal dengan David, pemain mengaku tak cemas, karena hal itu dapat dibicarakan sebelum laga.

"Mungkin bisa komunikasi sebelum pertandingan, nanti dikomunikasikan lagi biar lebih padu. Berkaca dari laga lawan kemarin lawan PS Tira, David inikan memiliki kecepatan, sedikit banyak kami sudah paham, dia harus dapat suplai-suplai bola seperti apa," tambah pemain yang akrab disapa Okta itu.

Di sisi lain, saat ini tim tengah menjalani latihan jelang melawan Sriwijaya FC di SGBT, Selasa pagi.

Penulis: Dya Ayu
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help