Berita Kota Surabaya

Pemkot Surabaya Buka Kemudahan, Bayar Pajak Daerah kini Bisa Lewat Bank Mandiri

PemkotSurabaya melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) kembali bekerjasama dengan PT Bak Mandiri (Persero) Tbk.

Pemkot Surabaya Buka Kemudahan, Bayar Pajak Daerah kini Bisa Lewat Bank Mandiri
foto: istimewa
Yusron Sumartono (kiri) bersalaman dengan R. Edward Djoko Hermawan, Senin (16/4/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) kembali bekerjasama dengan PT Bak Mandiri (Persero) Tbk, terkait delapan jenis pembayaran pajak daerah, Senin (16/4/2018).

Delapan jenis pembayaran pajak daerah yang bisa diakses secara digital ini di antaranya hotel, restoran, hiburan, reklame, Penerangan Jalan (PPJ), parkir, air dan tanah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTP).

Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kota Surabaya Yusron Sumartono menjelaskan hadirnya pembayaran pajak daerah secara digital diharapkan mampu mempermudah masyarakat Surabaya.

Setelah sebelumnya Pajak Bumi Bangunan (PBB) sudah menerapkan model pembayaran yang sama.

“Jadi setelah ini masyarakat tidak harus mengantri di bank Jatim atau di loket pajak, tetapi menggunakan bank lainnya untuk mengantisipasi jumlah antrian,” terangnya di ruang pelangi DPPK Surabaya.

Selain itu, lanjut Yusron, nasabah tidak perlu lagi datang ke bank, cukup membuka gadget masing-masing, mereka bisa membayar kapan dan dimanapun.

"Hitung-hitung menghemat waktu dan energi,” katanya.

R. Edward Djoko Hermawan, Regional CEO Bank Mandiri Region 8 Jawa Tiga menyebutkan 8 pembayaran pajak yang disetujui bersama Pemerintah Kota Surabaya, bisa diakses mulai awal bulan Mei 2018 nanti.

“Biasanya, warga berbondong-bondong ke kantor pajak, kini cukup membayar melalui sms banking, mobile banking system, internet banking, khususnya ATM banking mandiri yang saat ini jumlahnya mencapai 1.050 se-Jawa Timur,” ujar pria berkacamata ini.

Bahkan, dirinya mengaku, program pembayaran pajak daerah secara digital yang sudah maupun masih dalam proses implementasi di lingkungan Pemkot Surabaya telah terkoneksi secara apik dengan bank mandiri.

“Harus diakui sistem pembayaran pajak di Pemkot Surabaya sangat baik dan berbeda dengan kota-kota yang lain,” ungkap Djoko.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help