Pilkada 2018

Pembangunan Jatim Wilayah Selatan Dinilai Tertinggal dari Utara, Ini yang Bakal Dilakukan Khofifah

"Wilayah selatan Jatim banyak daerah yang terisolasi. Oleh sebab itu kami akan mengembangkan wilayah selatan itu," kata Khofifah.

Pembangunan Jatim Wilayah Selatan Dinilai Tertinggal dari Utara, Ini yang Bakal Dilakukan Khofifah
surya/fatimatuz zahro
Calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat blusukan ke Pasar Kedurus, Senin (16/4/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Permasalahan dan pekerjaan rumah Jawa Timur bukan hanya masalah ketimpangan sosial.

Di mana kemiskinan di desa lebih besar dua kali lipat dibandingkan dengan kemiskinan di perkotaan. Yaitu angka kemiskinan di perkotaan sebesar 7 persen, dan kemiskinan di pedesaan mencapai angka 14 persen.

Namun yang juga menjadi ketimpangan di Jawa Timur sebagaimana dikatakan calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, adalah masalah ketimpangan pembangunan wilayah utara dan selatan Jawa Timur.

"Wilayah selatan Jawa Timur banyak daerah yang terisolasi. Oleh sebab itu kami berharap lewat Jatim Akses dalam Nawa Bhakti Satya kami bisa mengembangkan wilayah selatan Jawa Timur," kata Khofifah, Senin (16/4/2018).

Salah satu yang menjadi program Khofifah dalam Jatim Akses adalah pengembangan Selingkar Wilis. Disampaikan mantan Menteri Sosial ini, di selingkar Gunung Wilis dikerangkakan sebagai pusat ekonomi wilayah selatan Jatim.

"Maka airport di Kediri harus dipercepat. Saya sudah tiga kali bertemu ke Pak Luhut, Menko Maritim, dan menyampaikan untuk kebutuhan airport Kediri ini. Meski tol sudah jadi, kebutuhan airport tidak bisa dielakkan agar bisa mendorong ekonomi di daerah tersebut," kata Khofifah.

Tidak hanya itu, dalam program Jatim Akses Khofifah-Emil juga bertekad mengembangkan wilayah Prigi. Dari berbagai studi, Prigi dikatakan sangat layak untuk menjadi pelabuhan kesar. Karena kedalaman pesisirnya sampai 16 meter.

"Artinya kapal dengan kapasitas lebih besar bisa bersandar di sini, bahkan bisa jadi pelabuhan yang menghubungkan Cilacap, Pangandaran, dan Banten," tegas Khofifah.

Dengan penggelontoran program infrastruktur di wilayah selatan ini, maka dirinya yakin wilayah selatan Jawa Timur bisa berkembang. Dan sentra PDRB tidak akan lagi hanya menjadi bagian wilayah utara dan kabupaten kota yang sudah maju. Melainkan juga di wilayah selatan Jawa Timur.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help