Pilkada 2018

Khofifah Perjuangkan Regulasi KUR Bisa Masuk ke Pasar Tradisional

Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa berjanji akan mengupayakan agar KUR bisa masuk ke pasar tradisional.

Khofifah Perjuangkan Regulasi KUR Bisa Masuk ke Pasar Tradisional
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahroh
Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat blusukan ke Pasar Wiyung, Senin (16/4/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa aktif melakukan blusukan ke pasar tradisional dengan membawa tiga program yang akan diwujudkannya jika jelak terpilih sebagai gubernur Jawa Timur.

Yang pertama adalah perbaikan infrastruktur.

Khofifah berencana menggaet swasta untuk ikut berpartisipasi membangun pasar melalui program CSR.

Program yang kedua adanya penyediaan warehouse atau gudang untuk penyediaan tempat penyimpanan barang.

Sehingga pedagang tidak perlu susah untuk kulakan dan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk transportasi.

Gudang ini akan dibangun menggunakan dana APBD Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan program yang ketiga adalah penyediaan lembaga kredit usaha rakyat (KUR) oleh BUMN agar bisa masuk pasar dan diakses mudah oleh pedagang.

"Untuk yang program KUR di pasar ini, selama saya keliling blusukan ke pasar saya belum menemukan ada bank penyalur KUR ada di dalam pasar," tegas Khofifah usai blusukan di Pasar Wiyung, Senin (16/4/2018).

Menurutnya, KUR ini sangat membantu pedagang kecil. Bunga pinjamannya hanya 7 persen per tahun. Program ini adalah subsidi pemeirintah yang tahun 2017 lalu banyak tidak terserap.

Program yang ketiga ini sedang dikomunikasikan dengan pihak terkait dan juga pemerintah pusat agar bisa ada regulasi agar agen KUR bisa ada di pasar tradisional.

Agar program tersebut tersosialisasikan dan tak ada lagi pedagang yang terjerat utang ke rentenir yang selain memiskinkan pedagang, juga haram menurut syariat Islam.

"Saya sudah berkomunikasi dengan bank BUMN penyalur KUR, mereka menginginkan ada regulasi yang memudahkan mereka untuk bisa mengakses pasar," jelas Khofifah.

Ketua Umum PP Muslimat itu juga mengungkapkan, bank BUMN penyalur KUR bukan hanya siap, namun mereka juga memang punya target untuk maksimalkan serapan dari KUR.

"Kalau sudah ada di pasar. Mereka para pedagang selesai jualan juga bisa mendapatkan sosialisasi untuk program KUR ini," kata Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help