Citizen Reporter

Keluar dari Kampus, Buktikan Aksi Nyata Sekarang

Jangan hanya sibuk dengan urusan diri sendiri. Mahasiswa harus belajar membaur dan mendapatkan solusi saat mendapati masalah di masyarakat.

Keluar dari Kampus, Buktikan Aksi Nyata Sekarang
ist

Organisasi kepanduan memiliki tiga bidang pembinaan, yakni bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat. Anggota Pramuka melaksanakan pembinaan secara bertahap.

Yang pertama adalah bina diri. Itu dilakukan dengan cara mengikuti latihan rutin dan pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidang yang diminati. Selanjutnya adalah bina satuan yang mendalami administrasi organisasi, memahami peraturan, serta melaksanakan kegitan di gugus depan. Yang terakhir adalah bina masyarakat.

Yang termasuk di dalamnya yaitu mengamalkan dan mengabdikan diri di masyarakat. Bina desa merupakan bagian dari bina masyarakat.

Unit kegiatan mahasiswa Gerakan Pramuka Universitas Trunojoyo Madura telah meresmikan pembukaan perpustakaan desa, Minggu (18/3/2018). Rumah baca itu berada di Desa Pandabah atas, Bangkalan. Yang dipakai sebagai perpustakaan adalah rumah klebun (kepala desa).

Peluncuran perpustakaan desa dikukuhkan Pembina Pramuka, Yudi Widadgo Harimurti. Ia mengapresiasi usaha itu.

“Saya senang mengetahui ada agenda mahasiswa yang bisa bersinggungan langsung dengan masyarakat,” katanya.

Kepala puskesmas juga gembira melihat aktivitas mahasiswa itu. Menurutnya, jarak antara Desa Pandabah bawah dan Desa Pandabah atas lumayan jauh. Jika bisa membuat perpustakaan di desa Pandabah bawah atau membuat perpustakaan keliling, pasti akan bermanfaat.

Aktivitas di rumah baca itu bukan hanya memilih buku untuk dibaca. Setiap Minggu pukul 08.00-11.00 diadakan bimbingan belajar. Dengan buku yang masih terbatas para sukarelawan berusaha menciptakan kelas inspiratif.

Para siswa yang datang dikumpulkan kemudian dikelompokkan sesuai dengan tingkatan kelasnya. Kegiatan berlangsung cukup menyenangkan sebab proses belajar sambil melakukan permainan

Dengan adanya program bina desa dengan tema pemuda penggerak desa diharapkan bisa membantu menyukseskan pembangunan desa di bidang pendidikan dan kepemudaan. Tempat itu sebagai wadah pertemuan warga desa dan warga sekolah baik dari Desa Pandabah atas maupun Desa Pandabah bawah.

Nia Ifatul Mufidah
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Trunojoyo Madura

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help