Pilkada 2018

Gus Ipul: Kita Dukung dan Perkuat Pesantren demi Ridho Allah

"Saya berterimakasih tiap tahunnya dipanggil untuk datang ke acara ini. Saya akan mengusahakan untuk datang," ujar Gus Ipul.

Gus Ipul: Kita Dukung dan Perkuat Pesantren demi Ridho Allah
surya/bobby constantine koloway
Gus Ipul menghadiri acara Haflah Rojabiyah dan Haul KH Khozin Khoiruddin di Lembaga Pesantren Al Khoziny, Buduran, Sidoarjo, Senin (16/4/2018). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghadiri acara Haflah Rojabiyah dan Haul KH Khozin Khoiruddin di Lembaga Pesantren Al Khoziny, Buduran, Sidoarjo, Senin (16/4/2018).

Di dalam sambutannya, Gus Ipul menyatakan dukungannya kepada dunia pesantren. Hal ini pula yang menjadi alasan pihaknya datang di acara yang juga dihadiri KH Maimun Zubair (Pengasuh Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang) dan ribuan santri serta alumni ini.

"Saya berterimakasih tiap tahunnya dipanggil untuk datang ke acara ini. Tiap kali dipanggil, saya akan mengusahakan untuk datang," ujar Gus Ipul di awal sambutannya.

Gus Ipul juga memberikan dua pesan. Pertama, komitmennya dalam penguatan pesantren.

Menurutnya, pesantren harus tetap ada dalam lembagan pendidikan sebagai salah satu ikhtiar santri mencari ridho Allah.

"Ini ada surveinya. Berdasarkan survei, alasan seorang santri berangkat mondok, lebih dari 50 persen karena mencari ridho Allah," kata Gus Ipul.

"Para santri ingin tabarukan (mencari berkah dari orang sholeh) sama pengasuh pesantren dan para kiai," lanjut pria yang juga menjabat salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini.

Ia lalu bercerita tentang kisah seorang santri asal Madura yang belajar di Ponpes Lirboyo, Kediri tanpa bekal penguasaan Bahasa Jawa yang fasih.

"Santri ini cuma berbekal alasan ingin mencari ridho Allah. Padahal, pola asuh di Lirboyo sangat kental dengan budaya Jawa," cerita Gus Ipul.

Meskipun demikian, santri tersebut tetap tekun belajar bersama kiai. "Hasilnya, santri ini sekarang sudah punya pondok besar di Madura," kata Gus Ipul yang juga Wakil Gubernur nonaktif ini.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved