Berita Tuban

Ali Mansur, Nelayan Tuban yang Sulap Pantai Jadi Kebun Mangrove

Berbekal ketekunan, Ali Mansur, nelayan di Tuban berhasil mengubah wajah pantai yang rusak menjadi kebun mangrove. Inilah kisahnya.

Ali Mansur, Nelayan Tuban yang Sulap Pantai Jadi Kebun Mangrove
surabaya.tribunnews.com/m sudarsono
Mansur menunjukkan bibit mangrove di kebun 

SURYA.co.id | TUBAN - Tak banyak yang mengira, jika hamparan luas kebun mangrove yang berada di Desa/ Kecamatan Jenu merupakan hasil besutan tangan seorang nelayan.

Dialah Ali Mansur. Sosok pria kelahiran Tuban, 15 Agustus 1960 itu kini mulai dikenal khalayak karena dedikasinya terhadap lingkungan.

Dia mengawali menanam di area pantai sekira tahun 1974, saat kondisi pantai sekitar mulai rusak akibat aktivitas penambang pasir.

"Saya mulai menanam mulai tahun 1974, saat itu saya masih nelayan dan juga mondok," kata suami Siti Maslikah saat dijumpai Surya di kantornya Mangrove Center Jenu, Senin (16/4/2018).

Dia menceritakan, dari kerja kerasnya itu hingga kini berhasil terbentuk kebun mangrove. Dengan kegigihannya, Mansur menanam mangrove mulai tahun 1974 hingga 1997 secara sendiri.

Namun demikian, tidak membuat tekadnya untuk mengubah lingkungan menjadi surut.

"Selama 23 tahun saya menanam sendiri, niat saya tidak macam-macam, yaitu hanya merawat lingkungan," ujar bapak dua anak tersebut.

Setelah tahun 1997, dia mulai membentuk kelompok tani bagi warga desa setempat, yang ditujukan bagi pencinta lingkungan.

Alhasil, wadah lokal bernama kelompok tani Wana Bahari itupun masih eksis sampai sekarang, dan tetap memberikan kepedulian bagi alam.

"Sampai sekarang kita masih menanam, sudah ada jutaan mangrove yang tertanam," terangnya.

Halaman
12
Penulis: M. Sudarsono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved