Pilkada 2018

Aktivis dan Kiai di Madura Merapat ke Gus Ipul-Puti

Sejumlah relawan yang pernah mendukung pencalonan Khofifah Indar Parawansa pada pemilihan gubernur Jatim 2013 lalu, mulai berbalik arah.

Aktivis dan Kiai di Madura Merapat ke Gus Ipul-Puti
surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Calon gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf, menghadiri Deklarasi Dukungan Relawan Suara Jawara Jatim di Surabaya, Senin (16/4/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejumlah relawan yang pernah mendukung pencalonan Khofifah Indar Parawansa pada pemilihan gubernur Jatim 2013 lalu, mulai berbalik arah.

Satu demi satu, para relawan kini justru merapat ke pasangan calon gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Mereka yang kini mendukung Gus Ipul, diantaranya adalah Syafrudin Budiman, mantan Ketua Partai Matahari Bangsa yang juga saksi kunci pemenangan Khofifah di Pilkada sebelumnya.

Selain itu juga ada sejumlah Kiai Madura yang kini berbalik mendukung Gus Ipul. Mereka diantaranya adalah KH. Imam Haromain, Pengasuh Ponpes Darul Ulum, Desa Talaga Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep; dan KH. Baijuri Pengasuh Ponpes Ar-Rahwini, Desa Rombiyah Timur Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep.

Selain itu juga ada KH. Rasyid Pengasuh Ponpes Tahfidul Qur'an Nurus Sya'ada/Nuruttilawah, Desa Prancak Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep; kemudian KH. Syaifudin Pengasuh Ponpes Al-Muhibbah Desa Ketawang Daleman Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep; dan KH Hamidi Pengasuh Ponpes Al-Hayyan, Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.

Para ulama ini menganggap, Khofifah hanya pandai beretorika padahal banyak yang diungkapkan tidak sesuai dengan kenyataannya.

"Kami hanya butuh pemimpin yang bisa menyentuh akar masalah, santun dan merakyat serta tidak banyak beretorika," ujar Ketua Presidium Pusat Barisan Pembaharuan (BP) Syafrudin kepada wartawan di sela-sela peresmian Posko Suara Jawara Jatim, Senin (16/4/2018).

Baca: Dulu Jadi Saksi Ahli untuk Khofifah, Kini BP Dukung Gus Ipul

Melihat hasil survei beberapa lembaga kredibel juga menunjukkan bahwa Gus Ipul-Putilah yang menang sehingga mendukung Gus Ipul adalah sebuah keharusan.

Selain mendirikan posko, sejumlah Kiai dan aktivis ini juga mendirikan organisasi kemasyarakatan dengan nama 'Barisan Pembaharuan (BP)' untuk Jatim Makmur demi memenangkan pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno sebagai Cagub-Cawagub Jatim 2018-2023.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help