Surya/

Berita Surabaya

Ratusan Bonek Wanita Belajar Kesehatan Reproduksi, dr Lula Kamal: Wanita Menikah Periksalah IVA 

Ratusan bonek wanita (Bonita) Surabaya berkumpul di Graha Bhara Daksa Polrestabes Surabaya.

Ratusan Bonek Wanita Belajar Kesehatan Reproduksi, dr Lula Kamal: Wanita Menikah Periksalah IVA 
surya/fatkhul alami
Para Bonek Wanita (Bonita) foto bersama Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan dan dr Lula Kamal di Mapolrestabes Surabaya, Minggu (15/4/2018).  

SURYA.co.id | SURABAYA – Ratusan bonek wanita (Bonita) Surabaya berkumpul di Graha Bhara Daksa Polrestabes Surabaya. Mereka berkumpul guna menimba ilmu kesehatan reproduksi bersama dr Lula Kamal, Minggu (15/4/2018).

Para Bonek terlihat antusias mengikuti paparan materi terkaitkesehatan reproduksi perempuan  hingga bubaran.

Dokter Lula Kamal menuturkan, kesehatan reproduksi wanita itu sangat penting diperhatikan. Saat ini, kesadaran wanita akan kesehatan reproduksi masih sangat rendah. Wanita kerap abai melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi.

“Seseorang yang sudah nikah, sebaiknya melakukan pemeriksaan IVA  (Inspeksi Visual Asam asetat). Karena sudah pernah melakukan hubungan seksual,” sebut dr Lula Kamal di Mapolrestabes Surabaya, Minggu (15/4/2018).

Menurut dr Lula Kamal, IVA itu merupakan tindakan pemeriksaan leher rahim (serviks ) dengan cara melihat langsung. Setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat tiga sampai 5 persen. Cara ini dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin.

“Kesehatan reproduksi wanita sangat penting diperhatikan, saya senang datang ke Surabaya dan bertemu Bonita yang antusias mau belajar dan menerima ilmu,” tutur dr Lula Kamal.

Anita, salah satu Bonita mengaku, dirinya datang ingin menimba ilmu soal kesehatan reproduksi dari dr Lula Kamal. Pengetahuan soal reproduksi wanita diakui Anita masih belum banyak.

“Saya datang bersama teman, ingin belajar dan mendapatkan ilmu kesehatan. Saya yakin sangat penting bagi saya supaya bisa menjaga kesehatan,” aku Anita.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiwan menuturkan, dirinya memang sengaja menginisiasi mengumpulkan Bonita. Para Bonita dikumpulkan dan belajar soal kesehatan reproduksi dari ahlinya langsung, dr Lula Kamal.

“Bonek merupakan potensi di Surabaya, termasuk Bonita ini. Kami berusaha mengelola supaya Bonek jadi produktif,” jelas Rudi.  

Orang nomor satu di Polrestabes Surabaya mengaku, sengaja mengumpulkan Bonita dan mendatangkan dr Lula Kamal untuk memberikan transfer ilmu kesehatan reproduksi wanita.

 “Ia, fokus ke masalah kesehatan reproduksi wanita. Mudah-mudahan bisa memperkaya informasi soal kesehatan bagi Bonita,” pungkas Rudi.

Berikut videonya:

Penulis: Fatkhul Alami
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help