Opini

Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

Pendidikan adalah pondasi kemajuan bangsa. Hasilnya secara holistik akan berpengaruh ke sektor lainnya di dalam perkembangan sebuah negara.

Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan
ist
ilustrasi 

Oleh : Rahmat Putra Yudha, M.Ed TESOL.

Guru bahasa Inggris SMPN 13 Pontianak, Ketua Mata Garuda Kalimantan Barat

Rahmat Putra Yudha
Rahmat Putra Yudha (ist)

PENDIDIKAN merupakan pondasi kemajuan sebuah bangsa. Hasil dari pendidikan itu sendiri secara holistik akan berpengaruh ke sektor-sektor lainnya di dalam perkembangan sebuah Negara. Pendidikan juga diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah sosial, budaya dan persamaan hak dan gender. Masalah budaya contohnya, di Indonesia masalah ini begitu popular dimana Indonesia memiliki keberagaman yang begitu kompleks dibanding negara lainnya dari adat istiadat, bahasa, agama dan wilayah.

Masalah pendidikan di Indonesia bukan sesuatu yang baru dan bukan pula sesuatu yang tidak dapat diselesaikan. Dari banyak penelitian sebelum-sebelumnya, ada beberapa masalah dalam pendidikan di Indonesia seperti masalah infrastruktur, sumber belajar, tenaga pendidik dan peran orangtua.

Penulis mengangkat satu masalah yaitu peran orangtua dikarenakan selama ini orangtua telah mengabaikan perannya disebabkan ketidaktahuannya selama ini.

Penulis secara realistis menilai masalah peran orangtua ini dapat diselesaikan segera bila hal ini diinformasikan secara merata dan secara terus menerus kepada orangtua. Karena banyak penelitian menyatakan bahwa keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak sangatlah menunjang dan dapat mengatasi masalah belajar anak. Prestasi anak dalam pendidikan sangat berhubungan erat dengan keterlibatan orangtua dalam prosesnya.

Sebab-sebab orangtua tidak memainkan perannya dalam pendidikan anak?

Dari banyak survei masalah pendidikan masih terdapat banyak orangtua hanya mengandalkan sekolah dalam proses pembelajaran anak mereka dan mengabaikan perannya sebagai orangtua dalam mendukung pendidikan si anak.

Pengabaian peran orangtua itu sendiri disebabkan beberapa faktor misalnya mereka meragukan bahwa keterlibatan mereka dapat membuat banyak perbedaan dan merasa selama anak disekolah, anak sudah maksimal dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Kedua penyebab di atas merupakan keterbatasan pengetahuan orangtua itu sendiri dalam memahami perannya dalam pendidikan anak.

Halaman
123
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help