Citizen Reporter

Seperti Ini Jika Para Duta Bahasa Bertemu

Pertemuan duta bahasa dari berbagai kampus menyisakan semangat kebersamaan. Semangat tetap muncul dalam aktivitas berikutnya.

Seperti Ini Jika Para Duta Bahasa Bertemu
ist

Berkumpulnya Duta Bahasa dari mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia se-wilayah Jawa Timur selalu menyenangkan, Minggu (1/4/2018). Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se-Indonesia (IMABSII) Jawa Timur kembali menggelar rapat koordinasi daerah (rakorda).

Acara yang berlangsung dua hari itu mengambil tema mengokohkan identitas mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia melalui gerakan intelektual dan kearifan budaya. Itu sebagai pemacu diri mencintai bahasa dan sastra serta budaya lokal.

Kegiatan itu dilaksanakan di Villa Vinolia Tretes, Pasuruan. Semua kampus di wilayah Jawa Timur mendelegasikan beberapa mahasiswa bahasanya agar turut andil dalam acara yang diadakan dalam kurun waktu satu kali selama satu periode. Konsep diadakannya Rakorda IMABSII Jawa Timur itu merupakan bentuk kerja sama pada suatu wilayah sebelum menghadapi kongres nasional IMABSII.

“Rakorda keren yang saya temui barulah kali ini yang dilaksanakan di sini. Saya membaca banyak antusiasme dari wajah-wajah mahasiswa bahasa agar lebih tertata dan lebih maju,” ujar Fatih, delegasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang sebagai pengurus pusat IMABSII.

M Bayu Firmansyah, Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Pasuruan juga mengaparesiasi dengan baik atas terselenggaranya acara Rakorda. Panitia juga gembira karena acara berlangsung lancar.

“Kami turut berbangga, dengan hadirnya kawan-kawan bahasa dari berbagai kampus. Mohon maaf apabila kurang berkenan mengenai tempat dan fasilitas yang lainnya,” tutur Rima dalam sambutannya sebagai ketua pelaksana rakorda.

Pada umumnya, peserta ingin agar semangat IMABSII Jawa Timur tidak hanya berhenti di rakorda. Mereka ingin agar pertemanan dan aktivitas tetap diadakan.

“Hari ini kalian adalah orang-orang hebat yang lahir di IMABSII Jawa Timur. Namun, saya akan kecewa bilamana semangat kawan-kawan tiada ubahnya hanya seperti kerupuk ompong. Saya berharap semangat ini tetaplah serupa baja tegak dan kokoh,” tegas Ivan sebagai koordinator wilayah Jawa Timur.

Matangnya persiapan yang sudah direncanakan sejak beberapa bulan lalu berdampak pada lancarnya acara. Semua mahasisawa bahasa dan sastra dari masing-masing instansi kampus berpartisipasi dengan baik. Hal itu ditandai dengan tangisan saat acara lepas pisah.

“Saya bersyukur dan berterima kasih pada acara duta pecinta bahasa dan sastra yang tidak hanya menyatukan kawan-kawan, namun juga menanamkan cinta kekeluargaan demi IMABSII lebih baik,” jelas Tista Bayu S, peserta dari Universitas Brawijaya.

Muhari
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Trunojoyo Madura

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help