Berita Tuban

Libur Isra Miraj, Makam Sunan Bonang Tuban Dipadati Lebih dari 10.000 Peziarah

"Kalau jumlah totalnya tak bisa dipastikan. Namun jika ditaksir, saat Isra Miraj ini ada lebih dari 10.000 pengunjung," pungkasnya.

Libur Isra Miraj, Makam Sunan Bonang Tuban Dipadati Lebih dari 10.000 Peziarah
surya/m sudarsono
Peziarah di makam Sunan Bonang, Sabtu (14/4/2018) 

SURYA.co.id | TUBAN - Momen Isra Miraj yang jatuh pada, Sabtu (14/4/2018), diperingati sebagian besar oleh masyarakat muslim. Berbagai cara dilakukan untuk memperingati peristiwa penting, saat Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat lima waktu.

Seperti halnya masyarakat yang memilih berziarah di makam Sunan Bonang Tuban.

Berbondong-bondong peziarah mulai merangsek masuk lorong jalan, untuk menuju makam Sunan Bonang yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban kota.

"Isra Miraj banyak peziarah yang datang, karena momennya juga libur panjang," kata Juru Kunci makam Sunan Bonang, Chumaidi kepada Surya.

Dia menjelaskan, peziarah yang datang tak hanya dari warga lokal saja. Namun lebih dari itu adalah warga dari berbagai daerah di pulau Jawa, atau bahkan ada yang dari luar pulau.

Rata-rata mereka (peziarah), datang secara rombongan, baik dengan komunitas, warga kampung, remaja masjid atau instansi sekolah.

"Kalau jumlah totalnya tak bisa dipastikan. Namun jika ditaksir, saat Isra Miraj ini ada lebih dari 10.000 pengunjung," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang peziarah asal Tulungagung, Faiq (28), mengaku dirinya bersama keluarga menyempatkan berziarah di makam Sunan Bonang karena waktunya libur kerja.

Peziarah melewati jalan lorong menuju makam Sunan Bonang di Tuban, Sabtu (14/4/2018)
Peziarah melewati jalan lorong menuju makam Sunan Bonang di Tuban, Sabtu (14/4/2018) (surya/m sudarsono)

"Ini lagi ziarah mumpung hari libur," kata Faiq (28) kepada Surya saat di area makam Sunan Bonang.

Dia menyatakan, kedatangannya berziarah di makam Sunan Bonang tidaklah sendiri, melainkan dengan keluarga dan juga tetangga kampung sekitar.

"Ini rombongan dengan keluarga dan juga warga, semoga pribadi kita terus lebih baik," ujar Faiq sambil bergegas kembali menuju rombongan.

Sementara itu, Fitria warga Jombang juga menyatakan hal sama. Kedatangannya di makam sunan Bonang tak lain adalah untuk berziarah memanfaatkan waktu hari libur.

Dibandingkan dengan wisata di tempat lain yang modern, Fitria menganggap wisata religi lebih menyejukkan hati.

"Ya kita manfaatkan hari libur Isra Mi'raj, habis dari Tuban kembali pulang,"pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help