Citizen Reporter

Ini Asyiknya Berteman dengan Pasukan Biru

Menjadi anggota pasukan pemadam kebakaran tidak mudah. Risikonya besar. Saatnya anak-anak dikenalkan pada beragam profesi.

Ini Asyiknya Berteman dengan Pasukan Biru
ist

Membentuk kewaspadaan anak terhadap bencanakebakaran dapat diterapkan dengan cara yang menyenangkan. Edukasi mengenai fire safety diperlukan sebagai upaya pencegahan dan antisipasi bahaya kebakaran.

Selain mengenali potensi bahaya dan cara menghindarinya, pengetahuan tentang peran pemadam kebakaran juga dibutuhkan. Itu untuk mendukung tindakan penanggulangan bencana kebakaran.

Belajar tentang profesi pemadam kebakaran dengan tugas dan peralatan teknisnya menjadi sangat menarik bagi anak, terlebih anak usia dini.

Field trip ke markas pemadam kebakaran memberikan pengalaman luar biasa karena menjadi hal baru bagi anak untuk mengenali seluk beluk pekerjaan yang jarang mereka dengar.

Sudah banyak kunjungan dari lembaga pendidikan maupun intitusi yang berbeda diterima Dinas Pemadam Kebakaran Kota Malang. Menurut Humas PMK Kota Malang, dalam sehari bisa dua agenda kunjungan dilaksanakan. PMK Kota Malang dengan terbuka menerima permintaan masyarakat untuk sosialisasi di kantor Dinas PMK maupun datang ke lokasi yang ditentukan.

Itu seperti yang terlihat Rabu (11/4/2018). Sebanyak 68 murid dari KB-TK Al Madina Malang yang didampingi beberapa wali murid dan guru tampak semangat mengikuti rangkaian kegiatan di halaman kantor UPT (Unit Pelaksana Teknis) PMK Kota Malang, di Jalan Bingkil.

Muhammad Taqwin, salah satu petugas PMK yang menjadi pembicara menjelaskan secara umum tentang pemadam kebakaran. Secara interaktif, mereka diajak untuk mengenali profesi, tanggung jawab, aktivitas, dan perlengkapan kerja yang digunakan ketika bertugas.

Peserta kunjungan juga diberi kesempatan untuk mencoba pakaian khusus pemadam lengkap dengan helm, masker, sepatu, dan peralatan lainnya. Uniknya, disediakan baju dan helm berukuran kecil yang bisa dikenakan para siswa berusia dini itu dan dimanfaatkan untuk mengabadikan momen.

Pasukan Biru, sebutan untuk petugas pemadam kebakaran, mengajak anak-anak untuk memegang langsung selang air dan menyemprotkan ke lapangan setelah sesi penjelasan selesai. Yang lebih menarik perhatian anak, tersedia dua mobil pemadam kebakaran bagi mereka untuk digunakan berkeliling dengan diiringi suara sirine.

Seperti mengerti kebutuhan utama anak untuk bermain dan bersenang-senang, kegiatan ditutup dengan bermain air. Air disemprotkan dari selang besar bertekanan tinggi hingga semburannya menyerupai hujan.

Pengalaman itu memungkinkan anak untuk belajar dengan cara merasakan, mengalami, dan melihat objek secara nyata. Kebanggaan untuk bisa berinteraksi langsung dengan segala hal yang berhubungan dengan pemadam kebakaran juga akan meluaskan pandangan mereka tentang profesi dan eksistensinya.

Hizbiyatul Islamiyah
Penerima Beasiswa Unggulan BPKLN Kemendiknas
Universitas Islam Indonesia

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved