Citizen Reporter

Abaikan Cerita Seremnya, Gua Ini Adem

Jika ingin mencari suasana adem dan tenang, Goa Terawang bisa menjadi pilihan. Abaikan cerita-cerita serem tentang gua di Blora ini.

Abaikan Cerita Seremnya, Gua Ini Adem
ist

Beberapa bulan terakhir, di daerah Todanan ada peninggalan bersejarah yang mendapatkan apresiasi dari pihak perhutani. Namanya Goa Terawang yang ada di Desa Kedungwungu, di bagian selatan Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Dari dulu tempat itu memang memiliki keunikan sebagai tempat wisata. Namun, karena kurang mendapat perhatian dari warga, tempat itu tidak terurus. Ada beberapa monyet yang menjadi penghuni dan sering kelaparan karena hanya diberi makan pengunjung atau orang yang lewat.

Gua itu dikelilingi hutan jati. Dengan membayar Rp 8.000, pengunjung bisa masuk ke lingkungan gua. Alam menyediakan spot foto yang menarik. Ada kolam untuk anak, tempat bersantai sambil melihat monyet-monyet tanpa takut dicakar karena mereka ada di kandang.

Saat pagi, sekitar gua sangat sejuk. Biasanya kabut masih bisa dirasakan saat pagi.

Mungkin dari luar, gua itu terlihat biasa saja. Namun, jika masuk suasananya lebih sejuk dan asri. Saat masuk, sebaiknya berhati-hati karena udaranya yang lembap membuat tanah menjadi licin, apalagi sesudah hujan.

Keunikannya dibandingkan dengan gua lain adalah suasana tetap terang meski ada di dalam gua. Ada lubang besar di langit-langit yang membuat sinar matahari menerobos dan menerangi bagian dalam goa. Dari situ bisa dilihat pohon-pohon jati yang tampak lebih tinggi dari dalam gua.

Oleh sebab itu, gua itu disebut Goa Terawang. Di dalamnya pengunjung bisa melihat stalaktit dan stalakmit yang tampak indah dengan beragam bentuk.

Ada sembilan lorong di dalam gua. Semakin ke dalam lorong itu akan semakin sempit dan gelap. Ketika masuk, janga terlalu ke dalam jika tidak didampingi petugas.

Yang membuat merinding, ada beberapa mitos yang cukup menakutkan. Salah satunya ialah dulu ada orang yang sedang mencari kayu bakar meninggal akibat terpeleset di atas gua dan jatuh melalui lubang besar.

Selain itu, ada juga mitos tentang kerajaan monyet di dalam gua. Di luar mitos-mitos itu, gua di tengah hutan jati itu benar-benar nyaman.

Purdiyani
Jurusan Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help