Citizen Reporter

Tiru Saja Semangat Anak-anak

Menjalankan bakti sosial bagi santri sama artinya belajar menjawab kebutuhan masyarakat. Dibutuhkan kerja sama dan pantang mengeluh.

Tiru Saja Semangat Anak-anak
ist

Walau malam, anak-anak SD yang ikut lomba mewarnai tetap bersemangat. Bahkan mereka menembus rintik-rintik hujan yang mengguyur sejak magrib.

Genangan air, lorong yang gelap, tetap mereka terobos dengan canda dan tawa. Tidak disangka bakalan seperti ini antusiasnya padahal hadiahnya tak seberapa.

Melihat itu, sebenarnya bukan orang dewasa yang memberi sesuatu ke mereka. Merekalah yang memberi orang dewasa banyak pelajaran.

Mereka tetap tertawa, melangkah dengan riang, walau hujan turun. Tak ada keluhan yang keluar dari lisan mereka. Contoh sederhana itu membuktikan berbuat baik pada orang lain itu mudah dan ringan.

Tak berat seperti rindu, yang Dilan bilang. Bahkan semua orang bisa melakukan, apa pun profesinya.
Itu salah satu hikmah dari Bakti Sosial Santri Siap Guna 35 Daarut Tauhiid, Bandung. Acara yang berlangsung tiga hari, 6-8 April 2018 itu diikuti sekitar 500 peserta. Mengambil tema Membentuk

Generasi Mulia Penuh Karya dalam Bingkai Islam, acara dibagi di tiga tempat, yaitu Gegerkalong, Isola, dan Sukarasa.

Di salah satu tempat, kegiatannya bermacam-macam mulai dari bersih-bersih, bazar murah, cek kesehatan gratis, lomba untuk anak-anak, tebar khimar, magrib mengaji, wirausaha, dan tablig akbar.

Kegiatan itu mengingatkan semua santri kelak akan kembali ke masyarakat dan harus memberi manfaat.

Di khidmat kali ini, semua belajar memaksimalkan kemampuan yang ada, berani kolaborasi dengan yang lain, dan meniti jalan dakwah sebagaimana Aa Gym pernah sampaikan. Permasalahan di masyarakat itu banyak.

Tidak mungkin semua diselesaikan sendiri. Dibutuhkan kebersamaan dan menanggalkan ego, mendinginkan kepala, menerima kekurangan orang lain, dan memberikan yang terbaik.

Berat sih awalnya untuk kolaborasi. Akan tetapi, jika tujuannya untuk Allah, semua akan jadi ringan.

Sandi Iswahyudi
Santri SSG 35 Daarut Tauhiid Bandung

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help