Citizen Reporter

Ini Cara Membentuk Pengurus Jempolan

Perjalanan ke puncak Gunung Arjuno tidak pernah gampang. Justru proses itu yang membuat orang belajar memahami kekuatan.

Ini Cara Membentuk Pengurus Jempolan
ist

Dewan Kehormatan Kepramukaan STKIP Al Hikmah Surabaya yang telah melaksanakan Kursus Mahir Dasar Pramuka mengadakan Orientasi Pendidikan Kepramukaan (Ordikpram) 2018 di Gunung Arjuno, Pasuruan, Jawa Timur. Kegiatan itu dilakukan selama tiga hari pada 6-8 April 2018.

Sebanyak 43 mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya yang terdiri atas peserta (Dewan Racana) dan panitia (Dewan Kehormatan Kepramukaan) mengikuti kegiatan itu.

Ordikpram ditujukan untuk Dewan Racana sebagai penerus kepengurusan Gerakan Pramuka STKIP Al Hikmah Surabaya periode 2018-2019.

Di dalam kegiatan itu peserta dididik melalui tiga aspek, yakni fisik, mental, dan pengetahuan seputar kepramukaan pada jenjang sekolah tinggi. Segala kegiatan diadakan untuk menunjang tiga aspek itu.

Salah satunya adalah berjalan kaki dari kampus di Jambangan, Surabaya hingga Terminal Purabaya, Sidoarjo. Tak mudah untuk berjalan ke Terminal Purabaya karena jarak yang jauh dan harus berpacu dengan waktu.

Setiap kelompok secara mandiri memilih dan menaiki kendaraan jurusan Malang disesuaikan dengan uang yang terbatas untuk ongkos. Setiap kelompok harus cermat dan cerdas dalam mengelola uang senilai Rp 50 ribu.

Selain itu, peserta juga harus melakukan perjalanan sejauh 15 km dengan cara apapun dari Purwosari sampai pos perizinan pendakian. Fisik dan mental para peserta sangat diuji.

Kebersamaan dan kecerdasan digunakan. Salah satunya dengan meminta tumpangan kendaraan gratis. Jarak tempuh dan jarak waktu perjalanan dapat terpenuhi walau ada beberapa kelompok yang terlambat selama 30 menit dari waktu yang telah ditentukan panitia.

Kegiatan itu juga diisi dengan berbagai materi kepramukaan dan pengetahuan tentang organisasi di tingkat sekolah tinggi. Seluruh peserta tampak antusias dan bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ordikpram.

Kegiatan diakhiri dengan pendakian mencapai mencapai puncak Arjuno di ketinggian 3.339 mdpl. Sebanyak 38 mahasiswa berhasil menaklukkan sulitnya jalur pendakian. Akan tetapi, ada lima mahasiswa yang tidak dapat sampai ke puncak karena kondisi tubuh yang kurang fit.

Di puncak, mereka mengibarkan Bendera Merah Putih dan menyanyikan Indonesia Raya bersama. Ordikpram menjadi kegiatan yang ditunggu karena membentuk karakter disiplin, jujur, smart, tangguh, dan peduli di kalangan Dewan Racana STKIP Al Hikmah Surabaya.

Muhamad Iqbal
Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
Mahasiswa STKIP Al Hikmah Surabaya

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved