Citizen Reporter

Ini Cara Gembira Belajar Matematika

Ubah cara mengajar Matematika supaya siswa bahagia. Cara-cara sederhana ini membuat anak bersemangat.

Ini Cara Gembira Belajar Matematika
ist

Matematika itu menarik jika dikemas dengan cara tidak biasa. Untuk mengenalkan bermacam bangun, para siswa Kelas VA MI Darul Huda Kota Mojokerto langsung praktik.

Mereka membuat jaring-jaring bangun ruang kubus dan balok dari kertas lipat. Setelah itu, pola yang sudah dibuat dilekatkan di kertas manila. Karyanya dipamerkan di depan kelas, Rabu dan Kamis (11-12/4/2018).

Para siswa ingin membuat aneka bangun. Permintaan siswa itu langsung disetujui guru karena kegiatan itu bisa mempermudah siswa dalam memahami materi bangun ruang. Maka mereka dibagi menjadi beberapa kelompok.

Setiap kelompok terdiri atas empat siswa. Masing-masing kelompok menyiapkan satu kertas manila, sebungkus kertas lipat, gunting, penggaris, dan lem. Kertas lipat yang digunakan berukuran 12 x 12 cm. Jaring-jaring kubus yang dibuat ukuran sisinya adalah 3 cm.

Semua siswa harus berpartisipasi dalam membuat jaring-jaring kubus dan balok. Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat empat jaring-jaring kubus dan dua jaring-jaring balok.

Guru memberikan beberapa contoh jaring-jaringnya di papan tulis lalu siswa membuat sketsanya dengan pensil dan penggaris. Setelah itu, mereka menggunting dengan rapi dan menempelkannya di kertas manila.

Mereka bersemangat menyelesaikan tepat waktu. Terpancar kebahagiaan setelah bisa bekerja sama dalam kelompok dan bisa menghasilkan suatau karya media pembelajaran matematika.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dijumpai benda yang bentuknya seperti bangun balok. Contohnya adalah kardus bekas makanan. Pabrik yang mengemas kardus makanan tentu mempekerjakan karyawan. Karyawanlah yang bertugas menyusun jaring-jaring kemasan menjadi kardus siap pakai.

Guru langsung mempraktikkan cara melepas perekat kardus agar bisa menjadi bentuk jaring-jaring balok yang diinginkan. Setelah berhasil dilepas, lalu ditempelkan di papan tulis dengan isolasi pada masing-masing sisinya. Tujuannya adalah agar mereka bisa mengidentifikasi panjang, lebar, dan tinggi balok dari jaring- jaring kemasan.

Dengan membuat jaring-jaring kubus dengan menggunakan kertas lipat, jadi mudah karena berwarna dan mudah mengingat jumlah sisinya. Dengan mengubah persepsi pada siswa tentang praktik dan penggunaannya dalam kehidupan, Matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan dipelajari.

Eki Tirtana Zamzani
Guru MI Darul Huda Kota Mojokerto

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved