Berita Jember

Banyak Tanah di Jember Belum Bersertifikat, Pemkab bakal kebut Program ini besama Kementerian

Bersama dengan Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional, Pemkab Jember menggenjot program PTSL.

Banyak Tanah di Jember Belum Bersertifikat, Pemkab bakal kebut Program ini besama Kementerian
surya/erwin wicaksono
Kunjungan Pejabat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN di Kabupaten Jember. 

SURYA.CO.ID | JEMBER - Bersama dengan Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional, Pemkab Jember tahun ini menggenjot program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk masyarakat pedesaan.

Untuk tahun ini, ditargetkan akan ada 50 ribu sertifikasi bidang tanah bagi masyarakat. Secara pendanaan akan dibantu APBD Jember 2018.

Sebanyak 19 desa menjadi prioritas Pemkab dalam sertifikasi ini, karena 19 desa tersebut paling banyak masyarakat yang belum bersertifikat.

M Ikhsan selaku Dirjen Penataan Agraria Kementrlerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional, menuturkan ditargetkan 7 juta bidang tanah akan disertifikasi dalam beberapa tahun ini, secara nasional.

“Program PTSL ini bagus untuk masyarakat, karena ini merupakan legalisasi aset mereka agar meminimalisir konflik dan bisa memiliki nilai ekonomi bagi mereka” tutur M Ikhsan ketika ditemui di Pendopo Bupati Jember Wahya Wibawa Graha, Rabu (11/4/2018).

Saat ini Jember dipilih menjadi daerah dalam prioritas Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Program ini gratis bagi masyarakat karena dicover APBD 2018.

“Soal itu ya Jember akan kita jadikan pilot project program PTSL. Kalau tahun ini 50 ribu bidang, maka tahun berikutnya bisa sampai 70 ribu bidang tanah disertifikasi,” tambahnya.

Hadir dalam pertemuan bersama Kementrian Pertanahan, Bupati Jember Faida menyampaikan, program PTSL memang sudah lama direncanakan dengan baik.
Karena banyak sekali tanah warga di Jember yang belum bersertifikat.

“Program ini sudah dibiayai oleh APBD, kita berharap dalam relisasinya jangan ada pungli,” kata Bupati Faida.

Program PTSL itu kata dia juga akan menyasar sertifikasi tanah untuk lahan tanah rakyat yang berkonflik dengan perkebunan milik negara.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help