Surya/

Berita Tuban

Puluhan Siswa Madrasah di Tuban Minum Air Keteguhan, Diyakini Tak Gugup saat Kerjakan Soal UNBK

43 Siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Ash Shomadiyah baris berjajar di halaman sekolah sebelum mengerjakan Ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Puluhan Siswa Madrasah di Tuban Minum Air Keteguhan, Diyakini Tak Gugup saat Kerjakan Soal UNBK
surya/m sudarsono
Seorang siswi melaksanakan ritual minum air keteguhan sebelum kerjakan soal UNBK. 

SURYA.co.id | TUBAN - Sebanyak 43 siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Ash Shomadiyah tampak baris berjajar di halaman sekolah sebelum mengerjakan Ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Para siswa kelas III tersebut melakukan prosesi ritual minum air keteguhan, yang dipimpin Kepala Madrasah, Riza Shalihuddin Habibi, Senin (9/4/2018) siang.

Secara bergilir siswa maju menempati kursi yang disediakan. Lalu berdoa sejenak, kemudian meminum air yang telah didoai.

"Ini sudah menjadi tradisi, tahun sebelumnya juga dilakukan kakak kelas atau angkatan sebelumnya," kata seorang siswi, Siti Munawaroh usai meminum air keteguhan.

Menurut dia, tradisi ini memang sudah mengakar dan telah dijalankan bertahun-tahun. Selain hal yang bersifat ilmiah, spiritual maupun kebatinan juga diperlukan dalam menjalankan kehidupan, seperti saat akan melaksanakan UNBK.

"Sebelum ujian kita minum air keteguhan, air sudah didoakan agar memantapkan siswa saat mengerjakan soal," ujar siswi tersebut.

Sedang Gus Riza sapaan akrab Kepala Madrasah Riza Shalihuddin Habib, mengatakan, ritual minum air keteguhan ini sudah dilakukan setiap tahun saat para siswa akan mengerjakan soal ujian.

Air yang diambil dari sumber perut bumi itu, menurut Riza terdapat kandungan berkah karena sudah didoakan. Sehingga, 43 siswa yang meminumnya tidak gugup saat akan mengerjakan soal UNBK.

"Airnya sudah kita doakan, bisa membuat siswa-siswi tidak gugup saat akan mengerjakan ujian," terang Riza kepada sejumlah wartawan di Madrasah miliknya di Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban.

Pria yang kerap memberi pengajian di sejumlah cafe itu menambahkan, prosesi minum air keteguhan ini merupakan bentuk ikhtiar atau spritual manakala seseorang sedang berusaha.

Jadi dengan minum air ini dan tak lupa memanjatkan doa kepada Allah SWT, semoga perasaan was-was ataupun gugup bisa hilang, sehingga siswa bisa mengerjakan soal secara tenang.

"Namanya juga air keteguhan, jadi bisa menghilangkan rasa gugup atau nervous. Harapannya siswa bisa tenang saat mengerjakan UNBK," pungkasnya.

Mulai Senin hingga Kamis kedepan, para siswa akan mengerjakan materi UNBK, meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, atau IPS.

Foto ritual minum air keteguhan sebelum kerjakan soal UNBK

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help