Citizen Reporter

Ini Asyiknya Ikut Paduan Suara

Bergabung dengan tim paduan suara bukan hanya belajar olah vokal. Dibutuhkan kerja sama dan kesabaran agar tim tampil prima.

Ini Asyiknya Ikut Paduan Suara
pixabay.com

Seni merupakan kegiatan yang dilakukan dengan keahlian luar biasa. Olah vokal adalah seni dalam bidang tarik suara yang cukup digemari banyak kalangan.

Bermusik tentu memerlukan teknik dan latihan bukan asal-asalan agar terdengar merdu. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Golden, Universitas Trunojoyo Madura mengadakan workshop olah vokal bertema teknik bernyanyi dalam paduan suara, Sabtu (7/4/2018).

Workshop itu dihadiri peserta dari kalangan mahasiswa se-Madura. Hadir juga perwakilan dinas pendidikan yang memberikan apresiasi positif kegiatan. Diharapkan kelak musik dapat berkembang terutama musik tradisional dapat dilestarikan.

Gema tepuk tangan menggema di lantai 10 gedung tertinggi UTM, yaitu gedung rektorat saat Ach Zaini, presiden mahasiswa membuka acara. Ia bersama Lennie Purwaningsih, pemateri yang sering mengikuti paduan suara baik di tingkat regional maupun nasional.

“Seni adalah sesuatu yang menyenangkan bukan menakutkan,” kata Lennie.

Dipandu Lennie, saat workshop berlangsung, suara gaduh dan sahut-menyahut terdengar di seluruh ruangan. Mereka mengikuti arahan Lennie.

Di akhir acara, ia membentuk kelompok untuk menyanyikan lagu yang ditentukan sebagai bentuk praktik dari materi yang disampaikan. Salah satu lagu daerah yang dibawakan adalah Yamko Rambe Yamko.

“Teknik olah vokal merupakan cara memproduksi suara yang baik dan benar sehingga suara terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring,” tuturnya.

Paduan suara dapat melatih kekompakan dan kerja sama tim yang baik. Selain melatih kesabaran dalam latihan yang panjang untuk persiapan tampil, paduan suara juga bisa menjadi salah satu ajang untuk melestarikan lagu tradisional dan nasional Indonesia.

Ilma Luthfi Tsania
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Trunojoyo Madura

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help