Citizen Reporter

Bangun Lebih Pagi, Belajar Lebih Konsentrasi

Ubah jam belajar. Bangun lebih pagi membuat belajar menjadi lebih mudah karena tubuh sudah segar dan konsentrasi terjaga.

Bangun Lebih Pagi, Belajar Lebih Konsentrasi
ist

Yang aktif di dunia maya pasti tidak asing dengan kalimat karena pura-pura gembira/bahagia itu butuh energi. Semakin banyak orang-orang yang membuang energi untuk pura-pura gembira atau bahagia.

Namun, Gembira yang menjadi headline artikel ini merupakan akronim dari Gerakan Mari Bangun Pagi

Bersama. Itu salah satu media pembentukan karakter remaja secara khusus agar mereka tidak tidur larut malam sehingga dapat bangun lebih pagi.

Berdasarkan penelitian, belajar pagi lebih efektif dibandingkan dengan malam. Itu karena pikiran dan badan segar selepas tidur sehingga konsentrasi mudah didapat.

Fakta yang ada sekarang, banyak remaja yang tidur larut malam setelah puas berselancar di dunia maya. Tidur larut malam memiliki berbagai dampak negatif seperti konsentrasi berkurang, pelupa, kesehatan terganggu, dan depresi.

Apabila itu menjadi kebiasaan bagi sebagian besar remaja yang notabene masih berstatus pelajar maka otomatis akan berpengaruh terhadap prestasi belajar di sekolah.

Melihat fenomena itu, tercetuslah ide Gembira untuk para siswa kelas 8 Permata Jingga Global School Malang selama Januari sampai Februari 2018. Gerakan bangun pagi itu bukan sekadar bangun pagi, melainkan juga mengajak siswa siswi untuk melakukan aktivitas pendekatan diri kepada Tuhan melalui doa bagi siswa.

Setelah bangun pagi, para siswa diminta belajar sejenak atau sekadar membaca atau mempersiapkan materi pelajaran hari itu.

Teknis dari gerakan itu adalah siswa diminta bangun pagi selambat-lambatnya pukul 05.00 dan dilakukan selama satu bulan penuh untuk membentuk kebiasaan. Sebagai kontrol, guru bekerja sama dengan wali murid. Wali murid akan dimintai keterangan aktivitas bangun pagi anak mereka.

Dalam pelaksanaannya, siswa diminta berintegritas dalam melaporkan kegiatan bangun pagi mereka di buku komunikasi.

Halaman
12
Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved